Cara Paling Ampuh Memperbaiki Speaker Aktif Simbadda CST6900N Rusak,Mati / Matot

Cara Paling Ampuh Memperbaiki Speaker Aktif Simbadda CST6900N Rusak, Mati / Matot. Di jaman sekarang speaker aktif merupakan salah satu perangkat elektronik yang hampir semua orangmemilikinya. Berbagai merek speaker aktif telah beredar di pasaran luas. Bila bicara soal harga tentu saja bervariasi antara speaker aktif satu dengan lain nya.

Tingginya minat pengguna speaker ini menjadi sebuah target tersendiri bagi para perusahaan atau pun pembuatan speaker aktif itu sendiri. Berbagai merek dan juga tipe speaker aktif yang ada tentu tak lepas dari permasalahan. Sebuah perangkat elektronika tentu saja suatu saat pasti akan mengalami kerusakan.

Mengenai kerusakan dari speaker aktif ini memiliki faktor penyebab masing-masing dan juga membutuhkan penanganan yang berbeda-beda. Nah, pada kesempatan kali admin akan membahas tentang cara memperbaiki sebuah speaker aktif merk Simbadda CST6900N dengan kerusakan tidak ada suara.

Hal ini ditandai dengan saat speaker aktif digunakan untuk memutar mp3, maka suaranya hanya mendengung saja dan sebagian malah tidak ada suara sama sekali. Jenis kerusakan seperti ini sangat sering terjadi pada speaker aktif, yang mana saat di nyalakan maka speaker aktif tidak ada suara dan ada hanya suara mendengung saja.

Cara Paling Ampuh Memperbaiki Speaker Aktif Simbadda CST6900N Rusak, Mati / Matot.


Cara Paling Ampuh Memperbaiki Speaker Aktif Simbadda CST6900N Rusak,Mati / Matot

Seperti biasa jika kalian ingin memperbaiki sendiri speaker aktif yang rusak maka lakukan pemeriksaan pada speaker aktif tersebut. Kali ini admin mengambil contoh yaitu speaker aktif simbadda CST 6900N. Lakukan pemeriksaan mulai dari power supply hingga pada komponen-komponen lainnya.

Pada speaker aktif ini admin mendapati beberapa komponen yang telah rusak dan harus di ganti. Komponen tersebut adalah IC TDA2030 yang ada pada rangkaian power speaker aktif simbadda ini.


Setelah menemukan komponen yang rusak maka segera saja ganti dengan yang baru. Komponen IC TDA2030 ini banyak di jual di pasaran elektronika. Jadi, kita akan mudah untuk mendapatkan nya.

Setelah mengganti IC TDA2030, maka coba untuk menyalakan speaker aktif simbadda tersebut. Alhasil speaker aktif simbadda CST6900N telah kembali normal seperti semula.

Kerusakan speaker mati total komponen yang sering mengalami kerusakan adalah IC. Namun, hal ini tidak mencakup semua nya. Dalam langkah perbaikan alangkah baik nya periksa setiap bagian rangkaian dan juga komponen-komponen yang ada.

Hal ini bertujuan agar kalian bisa menentukan di mana letak titik kerusakkan nya. Dengan demikian kalian bisa dengan mudah memperbaiki dan mengganti komponen yang rusak.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki speaker aktif mati total. Semoga informasi kali bisa bermanfaat bagi para pembaca semua dan juga bisa menambah wawasan kita bersama.

7 Responses to "Cara Paling Ampuh Memperbaiki Speaker Aktif Simbadda CST6900N Rusak,Mati / Matot"

  1. Klo mati total kira2 apanya y gan...?

    BalasHapus
  2. Kalau Simbadda mati total dan lampu indikator juga tidak menyala bisa jadi power supply rusak. Coba cek kabel steker listrik, sekering bila ada, Trafo, dan bagian rangkaian power supply lainnya. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Sukses slalu gan..smg.saya mengalami sama dgn agan iwan,simbada ic 2030 matot jg,cek dan ricek ternyata ic nya jebol.cuma yg bikin pusing resistor 9,10,11,12 ikutan gosong.problem nya nilai resistor ga bs dikenali krn sdh hitam pekat.kalau boleh mohon bantuan agan kalau ada skemanya. 4 resistor itu pun sdh cukup.
    Terimakasih..smg sukses sll dan di banjiri bnyk job..

    BalasHapus
  4. Akan lebih baik lagi pada komentar di sertakan foto rangkaiannya karena walaupun sama menggunkan TDA2030 tetapi beda rangkaiannya.

    BalasHapus
  5. Sya punya speaker sama kyak diatas, rusak inputnya gak mau masuk, solusinya gimana?

    BalasHapus
  6. Kemungkinan IC nya rusak / mati cek juga potensio volume dan jalur input.

    BalasHapus
  7. Mas mau tanya speker simbadda saya seri cst 6300n , gejala waktu dinyalakan sepeker langsung berdengung g karuan bukn seperti dengung kurang ground tpi membran speaker ikut bergetar g karuan kira2 rusak apanya y mas?

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel