Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid





Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid. Kemarin admin telah memperbaiki power ampli TOA mati total atau matot. Setelah melakukan cek secara keseluruhan ternyata pada driver power ampli TOA banyak komponen yang rusak dan lebih parahnya pada PCB power ampli TOA tersebut telah keropos atau korosi.

Dari komponen-komponen yang ada juga banyak yang menjamur kemudian banyak jalur yang putus, maklum usia power amplifier TOA ini memang sangat lama dan bisa di bilang power ampli TOA lawas dan usia nya pun sudah bertahun-tahun.

admin pun sangat kerepotan apabila harus memperbaikinya, kemudian admin berkonsultasi bagaimana kalau power ampli TOA tersebut di modifikasi dengan power amplifier OCL 150 Watt. Pada akhirnya pihak bersangkutan setuju kalau admin melakukan modifikasi pada power ampli TOA tersebut.

Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid.


Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid

Dalam modifikasi power amplifier TOA ini kita memerlukan beberapa komponen. Komponen ini yang nantinya kita gunakan sebagai pengganti komopnen-komponen yang ada pada power ampli TOA sebelumnya. Adapun komponen-komponen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kit power amplifier OCL 150 Watt yang pakai jengkol Malaysia.
  • 2 buah elco 6800uF/50V.
  • 4 buah dioda 3 Ampere .
  • Penguat mic atau mixer 7 potensio.
  • Master mixer.

Apabila semua komponen-komponen telah disediakan maka kita rakit satu per satu sampai selesai. Mulai dari driver power ampli TOA, penguat mic 7 potensio atau mixer, dan master mixer. Kita rakit dalam satu box power amplifier TOA dan sebagai contoh saja seperti gambar di bawah ini.


Namun dalam modifikasi power amplifier TOA tidak cukup sekedar modifikasi saja, karena pada prinsip nya power amplifier TOA atau power amplifier untuk speaker Horn berbeda dengan power amplifier pada umumnya. Kita harus menyeimbangkan impedensi nya agar seimbang dengan speaker Horn.

Maka dari itu silahkan ganti Resistor atau R 33K/47K dari Transistor yang menuju speaker ganti dengan ukuran 100K. Ganti juga Transistor atau TR BD139 dan BD140 dengan TIP 31 dan TIP 32 atau TIP 41/42.

Untuk transistor final sebaiknya menggunakan Jengkolan 2N3055 dan MJ2955 Malaysia.

Demikian pembahasan admin kali ini tentang cara modifikasi power ampli TOA atau cara modifikasi power ampli Horn. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan bisa jadi referensi. Jika bermanfaat silahkan share artikel ini.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.

19 Komentar

Cancel