Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid

Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid. Kemarin admin telah memperbaiki power ampli TOA mati total atau matot. Setelah melakukan cek secara keseluruhan ternyata pada driver power ampli TOA banyak komponen yang rusak dan lebih parahnya pada PCB power ampli TOA tersebut telah keropos atau korosi.

Dari komponen-komponen yang ada juga banyak yang menjamur kemudian banyak jalur yang putus, maklum usia power amplifier TOA ini memang sangat lama dan bisa di bilang power ampli TOA lawas dan usia nya pun sudah bertahun-tahun.

admin pun sangat kerepotan apabila harus memperbaikinya, kemudian admin berkonsultasi bagaimana kalau power ampli TOA tersebut di modifikasi dengan power amplifier OCL 150 Watt. Pada akhirnya pihak bersangkutan setuju kalau admin melakukan modifikasi pada power ampli TOA tersebut.

Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid.


Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid

Dalam modifikasi power amplifier TOA ini kita memerlukan beberapa komponen. Komponen ini yang nantinya kita gunakan sebagai pengganti komopnen-komponen yang ada pada power ampli TOA sebelumnya. Adapun komponen-komponen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kit power amplifier OCL 150 Watt yang pakai jengkol Malaysia.
  • 2 buah elco 6800uF/50V.
  • 4 buah dioda 3 Ampere .
  • Penguat mic atau mixer 7 potensio.
  • Master mixer.

Apabila semua komponen-komponen telah disediakan maka kita rakit satu per satu sampai selesai. Mulai dari driver power ampli TOA, penguat mic 7 potensio atau mixer, dan master mixer. Kita rakit dalam satu box power amplifier TOA dan sebagai contoh saja seperti gambar di bawah ini.


Namun dalam modifikasi power amplifier TOA tidak cukup sekedar modifikasi saja, karena pada prinsip nya power amplifier TOA atau power amplifier untuk speaker Horn berbeda dengan power amplifier pada umumnya. Kita harus menyeimbangkan impedensi nya agar seimbang dengan speaker Horn.

Maka dari itu silahkan ganti Resistor atau R 33K/47K dari Transistor yang menuju speaker ganti dengan ukuran 100K. Ganti juga Transistor atau TR BD139 dan BD140 dengan TIP 31 dan TIP 32 atau TIP 41/42.

Untuk transistor final sebaiknya menggunakan Jengkolan 2N3055 dan MJ2955 Malaysia.

Demikian pembahasan admin kali ini tentang cara modifikasi power ampli TOA atau cara modifikasi power ampli Horn. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan bisa jadi referensi. Jika bermanfaat silahkan share artikel ini.

19 Responses to "Cara Modifikasi Power Amplifier TOA Untuk Mushola dan Masjid"

  1. apakah r33k/47k yg dimaksut adalah r gain mas?

    BalasHapus
  2. Iya mas bisa di bilang itu adalah R gain.

    BalasHapus
  3. makasih mas..oya mas teganganya 24vac dari dari trafo sebelum masuk elko atau 18vac ya? kalau mono dgn sepasang tr pinal tip 2n3055 dan 2955,kuat gak ya untuk corong 2 buah masing masing 16ohm/25w

    BalasHapus
  4. Di kasih tegangan 24 Volt saja mas biar maksimal. Untuk speaker horn lebih cocok transistor final pakai jengkolan 2N3055 Malaysia.

    BalasHapus
  5. trims banyak mas atas jawabanya

    BalasHapus
  6. Bos. 150watt untuk 1 corong kuat ngak corong nya?

    Travo ngunain bekas amfli TOA yg 5A-0-13volt.

    BalasHapus
  7. Sama-sama mas terima kasih kembali.

    BalasHapus
  8. Mas paijo kuat saja mas tapi harus disesuaikan baik volume dan tone nya jangan sampai over.

    BalasHapus
  9. dgn kit ocl 150w tr pinal jengkol 2n3055 kok suara corong toa gak bisa jauh ya mas padahal r gain sudah ganti 100k.gimana supaya suara bisa jauh dan lantang.trims

    BalasHapus
  10. Pakai penguat mic atau mixer tidak mas.

    BalasHapus
  11. pakek mixer 4 canel mas.kalau untuk sepeker biasa suara keras.tapi corong 16 ohm/25w x2 ,diparalel kan jadi 8 ohm= sepeker biasa kok suara gak bisa kedengaran jauh.( mixer low ditutup,mid dibuka full,hig buka dikit)

    BalasHapus
  12. Bang mau tanya kalau power 150 modif buat toa. Spker horn nya gk hangus bang tnks

    BalasHapus
  13. Transistor Jengkol pakai merk apa mas.

    BalasHapus
  14. Tidak mas asal sesuai dengan batas normal dan jangan sampai over berlebih.

    BalasHapus
  15. Ok swun bang sukses slalu ya...

    BalasHapus
  16. mas broo,,,mau nanya nih,,,,saya masih sangat amatir dengan dunia elektro..cma saya lagi menghadapi masalah nih..di mushola tempat mbah saya,,itu suaranya kecil bgt..tapi kalo pake input music suara lantang itu juga pke woofer 10 inc 1 buah,,wooferr 6 inc 2 buah suaranya keras.
    spek :
    power 150 watt buatan toko ( mono ) + tone control ( vol, bal, bass, treble )
    putaran mic cuma ada vol mic 1,2 dan echo 1 buah,,,,
    gimana mas bro cara mengoptimalkan suara mic tersebut apakah perlu di tambahain komponen lagi??
    thaks ,,sukses slalu untuk anda.

    BalasHapus
  17. saya bikin ampli buat angkat horn toa 4 biji pake ocl 150w sanken 2 set pake trafo 5 big 25volt kuat g ya min kira". r gain udah saya ganti 100k dAn sebagian komponen saya rombak sedikit.

    BalasHapus
  18. sama-sama terima kasih kembali

    BalasHapus
  19. Coba diperiksa terlebih dahulu untuk rangkaian mic atau preamp mic nya bisa jadi mengalami masalah pada bagian itu.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel