Cara Mudah Merakit Power Amplifier 150 Watt Stereo





Cara Mudah Merakit Power Amplifier 150 Watt Stereo. Merakit power amplifier bisa saja kita lakukan dengan cara yang mudah, namun tentu saja kita harus berhati-hati dalam langkah-langkah perakitannya.  Power amplifier sendiri memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda.

Seperti yang  diketahui secara umum power amplifier memiliki bentuk dan jenis yang beragam.Terkadang hal ini bisa mempengaruhi kita dalam proses perakitan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara merakit power amplifier sendiri dengan mudah untuk pemula.

Hal ini bisa kita praktek kan secara langsung untuk kalian yang masih dalam tahap pemula atau yang sedang belajar merakit sebuah power amplifier.

Dalam cara merakit power amplifier ini admin mengambil satu contoh yaitu dengan menggunakan driver power amplifier ocl 150 Watt. Tentu saja kita bisa menerapkan nya pada driver power amplifier lain nya seperti driver power amplifier 200 Watt, driver power amplifier 300 Watt, driver power amplifier 400 Watt dan lain-lain.

Cara Mudah Merakit Power Amplifier 150 Watt Stereo.


Cara Mudah Merakit Power Amplifier 150 Watt Stereo

Pada toko-toko elektronik, mayoritas sekarang ini sudah menyediakan kit driver power amplifier yang sudah jadi. Sehingga kita tidak perlu lagi harus repot-repot membuat PCB driver power amplifier sendiri. Kita tinggal beli saja kit rangkaian jadi kemudian nantinya kita rakit menjadi sebuah power amplifier.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Merakit Power Amplifier.


1. Transformator atau trafo minimal 3 Ampere.
2. Socket AC + sekring.
3. Kipas angin DC.
4. Terminal output speaker.
5. Terminal line input.
6. Rangkaian power supply.
7. Kit driver power amplifier 150 Watt.
8. Kit tone control bisa juga pakai kit parametrik.
9. Switch line input + line mic.
10. Box power amplifier.

Cara Merakit Power Amplifier 150 Watt Stereo - www.divaiz.com

Peralatan Yang Dibutuhkan Dalam Merakit Power Amplifier.


1. Solder + timah.
2. Kabel.
3. Tang.
4. Obeng.
5. Gunting dan lainnya sesuai kebutuhan.

Cara Merakit Power Amplifier 150 Watt.


  • Pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur posisi masing-masing komponen pada box power amplifier. Namun untuk mengurangi nois dan juga dengung pada power amplifier maka sebaiknya posisi kit driver power amplifier diletakkan atau di posisi kan jauh dari trafo. Biasanya apabila posisi kit driver power amplifier tersebut berada dekat dengan trafo maka akan timbul cacat suara yaitu dengung.

  • Sambung kabel atau hubungkan antara trafo 0 - 220 V dengan saklar dan juga socket AC + sekring. Hubungkan input AC power supply ke output trafo 25V atau 32V.

Contoh 1.


  • Selanjutnya hubungkan output power supply (  +  0  -  ) ke input DC kit power amplifier (  +  0  -  ) dan jangan sampai keliru atau pun terbalik karena bisa ber akibat fatal.


  • Apabila bagian driver power amplifier dan power supply sudah selesai maka selanjutnya menyambung bagian power supply kit tone control atau parametrik. Berhubung sebagai contoh di atas menggunakan kit parametrik, biasanya rangkaian power supply nya sudah gabung pada rangkaian kit. Jadi kita tinggal menghubungkan ke output trafo 12V atau 18V seperti gambar contoh 1. Kalau pada kit tone control tidak ada rangkaian power supply maka kita harus merakit sendiri rangkaian power supply, lihat Cara Merakit Power Supply CT atau Simetris  atau Cara Merakit Power Supply non Simetris.

  • Setelah itu kita hubungkan terminal input ke input audio (R) dan (L) kit tone control atau parametrik lalu output parametrik di hubungkan ke input driver power amplifier ( output - input ) dan ( G - G )  penyambungannya jangan sampai terbalik.

  • Kemudian hubungkan output speaker ( SP ) kit driver ke terminal output speaker.

  • Sementara untuk tegangan kipas angin bisa kita rakit power supply 12V dengan mengambil tegangan 12V trafo dengan komponen 1 buah elco dan 1 buah dioda cara merakit nya lihat Cara Membuat Power Supply 12Volt.

Apabila semua jalur sudah kita hubungkan atau kita sambung maka kita tinggal menata letak dan posisi dari bagian-bagiannya. Seperti yang telah admin jelaskan di atas alangkah baiknya peletak kan driver power amplifier agak di jauhkan dari trafo.

Sementara untuk hasil yang maksimal kita bisa menggunakan Transistor final yang berkualitas bagus dan yang asli, bisa menggunakan Jengkol, Sanken, atau Mosfet dan juga kita bisa menambah menjadi 2 set atau 4 set.

Demikian pembahasan tentang cara merakit power amplifier dengan mudah. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat untuk kita dan jangan lupa share ya




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.

16 Komentar

Cancel