Cara Menggabung Elco Menambah Volt & Micro Elco

Cara Menggabung Elco Menambah Volt & Micro Elco. Seperti yang diketahui secara umum, Elco ( Elektrolit Condensator ) merupakan komponen elektronika yang berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik sementara. Komponen Elco ini sering kita jumpai pada rangkaian power amplifier yang mana biasanya digunakan untuk supply dan juga untuk filter.

Menyinggung power supply pada power amplifier apabila kita sering membuka rangkaian power amplifier Build Up maka pada bagian power supplay terdapat beberapa komponen Elco yang digabung berjejer dan tertata rapi dan berfungsi sebagai penyupply tegangan pada rangkaian power amplifier tersebut.

Tujuan Elco tersebut digabungkan agar kapasitas Elco menjadi besar sehingga mampu mencukupi akan kebutuhan tegangan yang dibutuhkan rangkaian power amplifier.

Cara Menggabung Elco Menambah Volt & Micro Elco.


Cara Menggabung Elco Menambah Volt & Micro Elco

Dengan besarnya kapasitas Elco maka power amplifier pun menjadi kuat, sehingga mampu menghasilkan kualitas audio yang mumpuni dan handal. Namun selain itu tentunya didukung pula dengan komponen-komponen serta rangkaian yang lainnya haruslah seimbang dan bagus. Seperti halnya driver power amplifier, transistor final yang digunakan, trafo, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah skema menggabung Elco agar kapasitas menjadi besar baik Volt maupun MicroFarad yang digabung atau disusun secara seri dan paralel.

Skema Menggabung Elco - www.divaiz.com

Dengan menggabung seperti skema di atas, maka kapasitas Elco akan menjadi dua kali lipat lebih besar dan Volt maupun uF akan menjadi besar dan lebih kuat.

Jika penasaran silahkan coba saja dan siapkan multi tester untuk mengukur tegangan dan besarnya kapasitas. Demikian cara menggabung Elco untuk menambah kapasitas dan Voltase Elco, semoga bisa menambah wawasan kita semua dan semoga bermanfaat.

12 Responses to "Cara Menggabung Elco Menambah Volt & Micro Elco"

  1. yang dihungkan dengan kiprok dibagian mana min?terimaksi...

    BalasHapus
  2. input tegangan dari dioda mana mas?

    BalasHapus
  3. Sng bro gmna sih tambah suara bass di speker politron xbr.? Apa aja yg perlu dignti? Tlg di konfir ya bro.mksh

    BalasHapus
  4. iya mas sambil belajar bersama.

    BalasHapus
  5. itu - dan + pada bagian ujung.

    BalasHapus
  6. Tergantung mas mau di modifikasi speaker aktif nya atau di tambah aksesoris perangkat seperti rangkaian galaxy, rangkaian giga bass atau turbo bass.

    BalasHapus
  7. Mas saya ada trafo bekas speaker aktif 3 buah namun tidak ada CT nya, misalnya saya mau memanfaatkan untuk merakit power ocl yg watt kecil/menghidupan speaker aktif itu kembali apakah bisa? Dan jika bisa komponen apa saja yg saya perlukan?

    BalasHapus
  8. Bisa saja mas coba foto Trafo nya upload di forum.

    BalasHapus
  9. Kalau 4 elco bisa gak seri paralel

    BalasHapus
  10. Bisa saja tapi kalau 4 elco maka akan jadi power supply non simetris.

    BalasHapus
  11. mas kalau elco 4700mf/50v ada 16 biji, apa sama mas merangkainya.rencananya mau di suplay 42v ac trafo 10 a mas.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel