Cara Modifikasi Solder Agar Lebih Panas dan Maksimal

Cara Modifikasi Solder Agar Lebih Panas dan Maksimal. Terkadang saat kita sedang memperbaiki sebuah perangkat elektronika kita dihadapkan pada suatu masalah. Masalah tersebut bukan dari perangkat elektronik yang hendak kita perbaiki melainkan dari alat yang akan kita gunakan untuk perbaikan itu sendiri.

Salah atu dari masalah terebut adalah solder. Pernah mengalami masalah yang mana solder yang akan kita gunakan tidak panas atau bisa dibilang kurang panas.

Sehingga solder akan sulit meleleh kan timah sehingga hal tersebut bisa saja mengganggu pekerjaan kita. Menanggapi hal itu kadang muncul perasaan marah, sebal, dan juga emosi.

Berkaitan dengan hal tersebut ada cara atau pun tips agar solder bisa menjadi lebih panas, dengan begitu solder yang kita gunakan untuk perbaikan elektronik akan mudah meleleh kan timah dan kita pun akan merasa nyaman saat melakukan perbaikan elektronik.

Cara Modifikasi Solder Agar Lebih Panas dan Maksimal.


Cara Modifikasi Solder Agar Lebih Panas dan Maksimal



Adapun cara modifikasi solder agar lebih panas adalah sebagai berikut :


Komponen atau bahan yang dibutuhkan.


  • 1 buah Trafo Stepdown minimal 1 Ampere.
  • 1 buah Elco 100uf / 400-450V.
  • 4 buah Dioda 2A - 5A.
  • Solder yang akan kita modifikasi.


Langkah-langkah modifikasi solder.


1. Modifikasi solder menggunakan Trafo.

Pada bagian Trafo antara 0 primer dan 0 sekunder dihubungkan kemudian salah satu kabel solder dihubungkan pada output Trafo 15V atau 18V dan untuk lebih jelas perhatikan skema gambar berikut.

Trafo non CT.

Modifikasi solder Trafo non CT - www.divaiz.com


Trafo CT.

Modifikasi solder Trafo CT - www.divaiz.com

2. Modifikasi solder menggunakan Dioda dan Elco.
Cara merangkai Dioda dan Elco sama seperti biasanya kita membuat adaptor atau power supply, ke empat Dioda saling di hubungkan dan di sambung ke Elco seperti skema gambar berikut.


Modifikasi solder dan Elco - www.divaiz.com


Dari skema di atas silahkan pilih mana yang sekiranya cocok dan tepat untuk kalian terapkan dan kalian coba untuk mebuat solder jadi lebih panas dan maksimal.

Demikian lah cara modifikasi solder atau cara membuat solder menjadi lebih panas, semoga pembahasan kali ini bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat bagi kita semua.

1 Response to "Cara Modifikasi Solder Agar Lebih Panas dan Maksimal"

  1. apakah trafonya tidak panas? karena arusnya balik.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel