Cara Memperbaiki Setrika Listrik Rusak atau Tidak Panas

Cara Memperbaiki Setrika Listrik Rusak atau Tidak Panas. cara memperbaiki setrika listrik mati total, cara memperbaiki setrika listrik yang tidak panas, cara memperbaiki setrika listrik kurang panas, cara memperbaiki setrika listrik nyetrum, cara memperbaiki setrika listrik yang terlalu panas, cara memperbaiki setrika listrik matot.

Setrika listrik merupakan peralatan rumah tangga yang umumnya digunakan untuk menghaluskan dan melicinkan pakaian agar dapat lebih rapi saat dipakai, umumnya pakaian akan di setrika saat setelah dicuci dan juga dikeringkan.

Kalau membahas tentang setrika listrik kadang kala kita mendapat masalah atau kerusakan pada setrika listrik kita, entah itu setrika listrik mati, setrika listrik tidak bisa panas, setrika listrik nyetrum, dan kerusakan setrika listrik lainnya.

Apabila Anda mengalami hal tersebut jangan buru-buru membuang setrika listrik Anda yang rusak tersebut coba lakukan pengecekan dan cobalah Anda perbaiki.

Cara Memperbaiki Setrika Listrik Rusak atau Tidak Panas.


Cara Memperbaiki Setrika Listrik Rusak atau Tidak Panas

Sebenarnya komponen setrika listrik cukup lah sederhana dan jika setrika listrik kita mengalami kerusakan maka kita pun bisa memperbaiki nya dengan mudah dan pada setrika listrik hanya ada beberapa komponen yang diantaranya elemen pemanas, thermostat, dan selector pengatur suhu.

Berikut ini macam-macam kerusakan setrika listrik dan juga cara memperbaiki setrika listrik yang rusak.


Setrika Listrik Nyetrum.

Apabila setrika listrik Anda mengalami masalah yaitu saat di pegang body nya nyetrum atau setrika nyetrum maka kemungkinan besar elemen pemanas telah bocor sehingga aliran listrik terhubung ke body atau pada badan setrika.

Selain itu kemungkinan jalur fasa menyentuh Body dan terjadi kontak antara body dan jalur fasa tersebut. Lakukan pengecekan dengan menggunakan AVO Meter atau multimeter dengan skala Ohm antara body dengan steker listrik.

Setrika Listrik Tidak Bisa Panas.

Dalam kasus seperti ini yang kerap terjadi yang mana setrika listrik hidup atau lampu indikator menyala namun, pada kenyataannya setrika tidak panas atau cuma hangat saja padahal selector pengatur suhu juga sudah kita arahkan pada titik yang paling panas.

Hal tersebut disebabkan beberapa faktor yang diantaranya adalah daya listrik yang lemah, ada jalur rangkaian yang berkarat, dan elemen pemanas telah rusak. Pada elemen pemanas kita bisa melakukan cek mengunakan AVO Meter atau multimeter dengan posisi skala Ohm dan hubungkan antara AVO Meter dengan elemen pemanas seperti berikut.




Setrika Listrik Mati Total.

Setrika listrik mati total di tandai dengan lampu indikator tidak menyala dan setrika listrik tetap dingin atau tidak panas sama sekali padahal steker listrik sudah kita colok kan pada stop kontak listrik.

Tahap pengecekan dengan AVO Meter bisa dimulai dari kabel steker kemudian dilanjutkan ke bagian selector, biasanya kerusakan seperti ini terjadi karena kabel steker ada yang putus.

Demikian pembahasan kali ini, jika dalam memperbaiki masih ada kendala silahkan langsung konsultasi atau bertanya pada kolom komentar dibawah.

0 Response to "Cara Memperbaiki Setrika Listrik Rusak atau Tidak Panas"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel