Rangkaian Power Amplifier BTL 600 Watt

Rangkaian Power Amplifier BTL 600 Watt. Power Amplifier 600 watt BTL ini memiliki output berdaya tinggi hingga 600 watt RMS untuk OCL dan 1200 watt RMS untuk BTL, power amplifier yang berdaya tinggi umumnya digunakan untuk power amplifier lapangan yang mana kualitas serta performa nya juga harus optimal agar dapat memenuhi kebutuhan audio pada suatu acara misalkan acara live konser panggung.

Pada umumnya rangkaian power 600 watt ini menggunakan sistem OCL dengan menggunakan transistor TIP sebagai transistor driver dan pada bagian rangkaian Pre-Amp menggunakan transistor, power amplifier ini memiliki daya output 600 watt RMS pada speaker 8 ohm.

Sementara apabila rangkaian amplifier ini dibuat dengan sistem BTL maka daya output mencapai 1200 watt RMS pada speaker 8 ohm.

Rangkaian Power Amplifier BTL 600 Watt.


Rangkaian Power Amplifier BTL 600 Watt


Dari rangkaian power amplifier btl 600 watt di atas pada bagian Pre-Amp menggunakan IC dengan seri 4558 yang mana IC ini telah umum digunakan dalam berbagai rangkaian lainnya seperti halnya rangkaian tone control, rangkaian subwoofer, dan lain sebagainya.

Apabila Anda ingin merakit power amplifier 600 watt btl ini untuk hasil yang optimal maka gunakan lah transistor yang asli karena power amp ini termasuk dalam jajaran power amplifier yang memiliki daya tinggi sehingga kualitas dari transistor final yang digunakan akan sangat berpengaruh.

Sementara untuk rangkaian power supply akan lebih baik jika menggunakan tafo toroid dengan arus 10 Ampere hingga 15 Ampere dan akan lebih bagus lagi jika pada output speaker di pasang kit speaker protektor sebagai pengaman loudspeaker.

Demikian pembahasan tentang rangkaian Power Amplifier BTL 600 Watt. Semoga informasi kali ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita bersama.

2 Responses to "Rangkaian Power Amplifier BTL 600 Watt"

  1. Mas saya mau tanya,ampli saya kenapa ya jika volume dan bass di besar kan speaker malah bergetar kencang dan tidak bersuara

    BalasHapus
  2. Biasanya itu terjadi karena supply tegangan tone control kurang mas sehingga jika bass di tambah tegangannya menjadi drop dan speaker bergetar.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel