Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Sember Atau Serak

Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Sember Atau Serak. Berbagai masalah kadang muncul pada speaker aktif yang kita miliki dan salah satu dari permasalahan tersebut diantaranya adalah speaker aktif berbunyi serak. Berbagai masalah kadang muncul pada speaker aktif yang kita miliki dan salah satu dari permasalahan tersebut diantaranya adalah speaker aktif berbunyi serak.

Biasanya suara serak tersebut terdengar seperti radio hilang signal sehingga audio yang dihasilkan tidak bersih atau jernih, dan tanda-tanda speaker aktif berbunyi serak adalah apabila kita memutar musik maka suara vokal nya tersendat-sendat kadang muncul kadang hilang dan seperti orang yang sedang berdahak, selain itu terkadang berbunyi "greeek"....."greeek".

Berkaitan dengan hal tersebut ada berbagai hal dan faktor penyebab dari masalah pada speaker aktif yang tidak normal entah itu speaker aktif suara sember atau juga speaker aktif suara serak, dan berikut ini akan kami uraikan tentang memperbaiki speaker aktif serak dengan mencermati dari penyebab speaker aktif berbunyi serak yang meliputi sebagai berikut :

Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Sember Atau Serak.


Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Sember Atau Serak

Faktor penyebab speaker aktif serak.


1. Sumber audio input.

Dewasa ini untuk sumber audio input sepiker aktif cukup bervariasi, sementara untuk saat ini produk yang ada di pasaran sudah di lengkapi sumber audio input mp3 box. Penggunaan mp3 box pada speaker aktif ada kelebihan dan juga ada kekurangannya.

Kelebihannya adalah praktis dan mudah dalam pengoperasian nya jika banding dengan menggunakan audio input dari luar yang harus menggunakan jek socket sebagai penghubung.

Sementara untuk kekurangannya adalah suara di monopoli oleh setelan mp3 box tersebut yang mana kita akan sulit untuk menambah aksesoris audio seperti halnya equalizer, audio mixer, dan lain sebagainya yang mana kita bisa mengatur karakter suara sesuai dengan yang kita kehendaki. Dan penyebab speaker aktif serak bisa saja dan tidak menutup kemungkinan dari jack RCA yang menghubungkan antara speaker aktif dengan sumber audio input.

2. Tone control.

Selain dari sumber audio input, suara serak pada speaker aktif muncul dari rangkaian tone control. Umumnya dan yang sering terjadi hal tersebut adalah karena potensiometer yang ada pada tone control. Biasanya Potensiometer tersebut telah rusak atau juga kotor sehingga berpengaruh pada suara speaker aktif.

3. Power Amplifier.

Pada bagian power amplifier ini yang sering terjadi yang mana komponen-komponen rangkaian power amplifier speaker aktif mengalami kerusakan. Yang umum dan sering dijumpai komponen yang rusak diantaranya adalah transistor final rusak. Resistor kapur ada yang rusak salah satu atau Resistor yang menghubung ke speaker ada yang rusak atau terbakar.

Untuk transistor final yang sering terjadi kerusakan adalah transistor final rusak sebelah atau short. Ada beberapa seri transistor final yang sering digunakan pada speaker aktif di antaranya adalah TIP41,TIP42, 2N3055,MJ2955,dan masih banyak lagi. Cek transistor final pada bagian emitor biasanya sering mengalami putus atau terbakar.

4. Loud speaker.

Suara serak pada speaker aktif bisa juga disebabkan oleh loud speaker yang telah rusak sehingga suara yang dihasilkan sudah tidak jernih dan tidak bersih, lakukan cek pada loud speaker dengan menekan daun loud speaker secara perlahan dan berulang jika terdengar ada suara "krook....krook"maka loud speaker tersebut telah rusak dan tidak normal.

8 Responses to "Cara Mengatasi Speaker Aktif Suara Sember Atau Serak"

  1. selamat sore mas. saya punya masalah power aktif mati sebelah padahal sudah ganti transistor tip 31/32 bd ,kapur sanken semuanya sudah saya ganti .tapi masih belum bunyi .saya mohon solusi

    BalasHapus
  2. Coba cek power supply nya mas baik dioda dan elco. Bila transistor final jebol atau mati maka tegangan bisa konslet yang mengakibatkan dioda ikut mati.

    BalasHapus
  3. Speaker saya suara bass nya kok pecah sebelah itu apanya yang rusak?

    BalasHapus
  4. Ada beberapa faktor penyebabnya bisa jadi dari speakernya dan bisa juga dari rangkaian power ampli mengalami kerusakan. Coba cek terlebih dahulu speaker nya.

    BalasHapus
  5. Heru Nicholas12/12/17 01.10

    Mas bro Speker politron saya kalo volume nya agak besar.suara nya sember sebelah kiri. Yg kanan ok ok aja
    Mohon bantuan nya mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperiksa dulu jack speakernya, atau rangkaian ampli nya memang rusak sebelah.

      Hapus
  6. Anggun Karlina15/12/17 17.09

    Pagi mas ..
    Mau nanya .. Speaker aktif polytron punya saya radionya tidak berfungsi .. Kira2 apa penyebabnya dan gimana benerinnya ??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi modul nya yang rusak harus dicek terlebih dahulu terutama bagian tegangan modulnya.

      Hapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel