Cara Memperbaiki Booster Tv Rusak dan Mati Total

Cara Memperbaiki Booster Tv Rusak dan Mati Total. Booster tv merupakan alat yang berfungsi sebagai penguat penerimaan sinyal frekuensi pada pesawat tv penerima dari stasiun TV. Booster ini juga ikut berperan dalam menetukan bagus tidaknya sebuah TV dalam menerima siaran baik gambar maupun suara dari stasiun TV tersebut.

Ada berbagai macam faktor penyebab TV tidak jernih, yang mana faktor-faktor tersebut bisa dari lokasi, faktor cuaca, kualitas antena TV yang kurang bagus, dan lain sebagainya.

Saat kita sedang asik menikmati dan menonton siaran TV, namun tiba-tiba siaran TV terganggu karena adanya gangguan sinyal atau gambar dan suara TV menjadi tidak jernih. Mayoritas hal ini disebabkan karena tidak terhubung nya koneksi antara antena dengan TV.

Berkaitan dengan hal tersebut salah satu penyebab tidak terkoneksi nya antara antena dengan TV adalah karena Booster TV rusak atau juga kabel antena putus sehingga antara TV, Booster, dan  antena tidak terhubung dengan sempurna dan TV pun kehilangan sinyal untuk menangkap siaran dari stasiun TV.

Cara Memperbaiki Booster Tv Rusak dan Mati Total.


Cara Memperbaiki Booster Tv Rusak dan Mati Total

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering terjadi pada Booster TV dan cara mudah untuk memperbaikinya sendiri.

1. Booster TV Rusak Mati Total.

Booster TV yang rusak mati total di tandai dengan lampu indikator pada adaptor Booster tidak menyala dan gambar TV menjadi buruk bahkan sinyal hilang. Kerusakan seperti ini umumnya karena trafo adaptor Booster telah rusak atau mati, dan solusinya silahkan ganti dengan trafo 200 mA, 500 mA (Setengah Ampere).

Letak trafo berada di dalam box adaptor kotak putih yang biasanya di dekat TV. Selain itu bisa juga dari saklar booster yang rusak atau kabel stecker rusak.


2. Lampu indikator adaptor Booster menyala tapi gambar tidak jernih.

Terkadang pada box adaptor Booster lampu menyala namun gambar TV buruk atau juga Gambar TV tidak jernih. Biasanya jika terjadi hal demikian karena kabel yang menghubung ke rangkaian Booster atas telah putus atau tidak terkoneksi dengan sempurna sehingga tegangan dari adaptor tidak masuk atau tidak sampai pada rangkaian Booster. Coba ganti atau cek dengan kabel lain. Selain itu bisa juga dari adaptor maupun Booster ada solderan yang lepas.

3. Lampu indikator menyala namun gambar TV tidak jelas.

Jika semua sudah di cek baik adaptor, kabel, rangkaian Booster tidak mengalami masalah atau masih bagus bisa jadi penyebabnya adalah dari antena penerima sinyal, biasanya mengalami korosi jalur atau sudah berkarat.

Dalam memperbaiki Booster yang rusak, tentunya kalian juga harus melakukan cek secara keseluruhan dan pastikan semua nya dalam kondisi baik agar Booster TV bisa bekerja dengan optimal dan sebagai mana mestinya.

Demikian pembahasan kali ini tentang memperbaiki Booster TV yang rusak atau mati total. Semoga informasi ini bisa membawa manfaat serta bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

0 Response to "Cara Memperbaiki Booster Tv Rusak dan Mati Total"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel