Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara. Berbagai kerusakan amplifier sering kali kita jumpai dan jenis-jenis kerusakannya pun beragam. Banyak faktor penyebab kerusakan tersebut terutama kerusakan amplifier mendengung ini.

Kerusakan yang umum dan sering terjadi pada sebuah power amplifier terutama ampli rakitan adalah ampli tidak berbunyi, ampli suara ngeprek, amplifier suara ngorok, dan amplifier mati mendengung.

Untuk kerusakan amplifier rusak berdengung ini di tandai dengan tidak ada suara dan berdengung. Selain itu bila di cermati biasanya ampli akan mendengung dan daun speaker sedikit menonjol keluar. Apabila power amplifier dalam keadaan mati mendengung kemudian kita hidupkan terus maka bisa berakibat fatal dan kerusakan akan semakin parah.

Bila tidak segera dimatikan maka bisa jadi spul speaker akan terbakar dan mati bahkan yang lebih parah Trafo juga ikut terbakar atau mati akibat kerusakan power ampli mendengung ini.

Hal tersebut menunjukkan bahwa ada komponen yang rusak atau mati. Maka dari itu apabila kita akan memperbaikinya kita harus melakukan cek pada komponen-komponen terkait dan mencari dimana titik letak kerusakan tersebut.

Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara.


Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara

Untuk memperbaiki kerusakan ini komponen utama yang perlu kalian cek adalah transistor final. Seperti transistor Sanken, transistor Jengkol, transistor Mosfet, dan lain sebagainya tergantung transistor final yang digunakan power amplifier tersebut.

Biasanya transistor final yang sering mengalami rusak atau mati ini adalah transistor PNP atau biasa disebut transistor minus. Apabila kalian mendapati transistor final ada yang mati maka silahkan ganti saja transistor tersebut dengan yang baru.

Selain dari transistor final kalian juga harus cek transitor yang ada pada pcb kit driver seperti transistor D313, transistor B507, TIP31, TIP32, TIP41, TIP42, dan lainnya.

Terkadang penyebab amplifier dengung ini adalah dari komponen Dioda Kiprok atau Dioda Kotak yang mana telah mengalami shot atau bahkan telah rusak.

Dalam memperbaiki kerusakan power amplifier mendengung ini tentunya tidak harus terpaku pada apa yang telah admin jelaskan di atas. Bisa jadi penyebabnya adalah dari komponen lainnya. Maka dari itu kalian kjuga harus melakukan cek secara keseluruhan untuk mencari dimana titik letak kerusakannya.

Demikian pembahasan tentang memperbaiki amplifier rusak mendengung. Semoga informasi ini bisa membantu kalian yang mungkin saat ini tengah mengalami kerusakan amplifier yang sama. Jika kalian membutuhkan informasi lebih lanjut kalian bisa tulis pada forum yang telah tersedia.

28 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara"

  1. Salam kenal mas, saya sudah utak atik power 400wat masih gak tau apa yang rusak, padahal sanken sudah ku ganti, saya juga ganti tip 41 sama pasanganya.
    power yang rusak atau tune kontrol nya? bingung mohon solusinya.

    BalasHapus
  2. Coba cek secara keseluruhan rangkaian power amplifiernya mas selain Transistor mati bisa jadi dari power supply nya entah elco rusak atau pemasangan dioda nya terbalik bisa juga dengung.

    BalasHapus
  3. yang bikin bingung itu ,yang kiri normal ,yang kanan malah daun speaker menonjol kalau dinyalain padahal supply sudah ganti semua.

    BalasHapus
  4. Pertanyaannya sudah saya jawab di forum mas silahkan langsung menuju forum kami di sini ==> https://www.divaiz.com/forum/topic/amplifier-mati-sebelah/

    BalasHapus
  5. Mas cara pasang tune kontrol 12ct12 apa hrus pakae trapo 2

    BalasHapus
  6. Itu berarti tone controlnya memakai power supply sistem simetris mas akan lebih baik pakai IC 7812 dan IC 7912. Sementara untuk tegangannya bisa di ambilkan dari Trafo 15Volt kalau pakai Trafo sendiri juga lebih bagus Trafo 2 Ampere sudah cukup.

    BalasHapus
  7. Saya kan ngerakit speaker aktif tapi menggunakan baterai 12v 6a. Tapi kok suaranya gembret dan agak putus" gitu padahal speaker dan power sama" baru mohon solusinya.

    BalasHapus
  8. Kok menggunakan baterai seharusnya kan pakai power supply atau adaptor. Bisa jadi suara gebret pengaruh dari baterai nya.

    BalasHapus
  9. mas yen ampli suara ne kecil ..gak bisa keras kaya sebelume apa nya yang perlu di perbaiki..minta bantuan nya thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek bagian power supply bisa jadi tegangannya gak nyambung. Periksa secara keseluruhan.

      Hapus
  10. Danu Wahyu08/12/17 06.19

    Mas aktif speker sy dengung, tip41 dn pasangan ny ud sy gnti, dn db 139 dn pasangan ny jg ud sy gnti, bagus ilang dengung ny, tp gk lm d hidup kan malah R10k ny gosong, dn dengung lg, mohon bntuan ny mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek dioda atau zener yang ada pada rangkaiannya bisa jadi ada yang short salah satu.

      Hapus
  11. Salam kenal mas saya punya pa bmb 1600 se ga ada suara secara fisik resistor 470 sama 220 terbakar tr final uda di ganti mosfet uda di ganti tapi giliran di cobak ko masi tetep terbakar ya resiatornya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek untuk R tersebut sejalur komponen apa, biasanya penyebab R terbakar adalah komponen yang sejalur dengan R tersebut.

      Hapus
  12. salam kenal mas,,, saya punya power kalo dipake lebih dari 2 jam suaranya tiba-tiba hilang, elco sama sankennya sudah saya ganti tapi masih juga seperti itu, mohon dibantu mas,,, powernya MONO bukan STEREO...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dilakukan cek secara keseluruhan namun terkadang hal tersebut bisa karena elco rangkaian sudah short.

      Hapus
  13. Kenapa saat control di lepas mau edup tapi saat control aku pasang lagi idk kluar suaranya. Gmna solusinya

    BalasHapus
  14. Bisa jadi itu tone controlnya bermasalah pada tegangan atau vcc biasanya tegangannya tidak masuk coba di cek dulu.

    BalasHapus
  15. Mau tanya mas
    Kabel dari psu menuju ke power kok selalu panas dan kebakar ya padahal udah diganti kabelnya
    Apakah ada masalah pada psu atau power nya mas.
    Soalnya powernya juga gak mau keluar output suara cuma dengung jk

    BalasHapus
  16. Jika kabel tegangan psu panas bisa jadi penyebabnya ada transistor yang rusak. Coba cek TR Finalnya biasanya jebol, cek juga transistor lainnya.

    BalasHapus
  17. Kalok dilihat dari fisiknya sih masih bagus mas
    Soalnya baru beli
    Baru dipakek beberapa hari
    tiba tiba pas di hidupin kabel +,- dan ct nya itu panas dan kebakar

    BalasHapus
  18. saya punya speaker activ suara getar keras sekali. sampai saya lepas semua inputnya tinggal rangkain amplifier nya saja. tapi tiap di on kan langsung muncul suara keras sekali. sanken sdh diganti, resistor 4,7ohm, transistor A733(4 bh) juga sdh diganti tapi tetap gak berhasil. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  19. Selamat malam gan,,
    Mau tanya masalah amplifier mosfet 800 watt stereo bgr bell,
    Punya saya kok gak ad bunyi sama sekali,,,padahal sudah d cek tr A970 nya juga masih bagus,,mosfet ( k20j60t ) nya juga masih bagus,
    Mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  20. Coba cek tegangan TR input tr A790, cek semua jalur dan solderan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mnta tlng solusnya dong ...q ngrakit power 300wt elco 80v 10000uf...dan trafo teroid bkasan trafo salon aktif yng pnya spk 12 in.2 buah...tdnya bunyi giliran stlh 5 menitan gk bunyi lagi musiknya cm dengung....apanya ea ms

      Hapus
    2. Bisa jadi transistor finalnya jebol coba lakukan cek dahulu.

      Hapus
  21. Permisi gan ,numpang nanya Amplifier 18 watt saya kok gak keluar suara ya secara fisik gak ada yang kebakar tr nya ama komponen lainya , ama in out nya udah aku cek juga gak ada yang salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek pakai avo meter terutama bagian tegangan dan TR nya.

      Hapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel