Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan

Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan. Jika kita telah selesai merakit sebuah power amplifier sudah hal yang lumrah apabila kita melakukan uji coba terhadap power amplifier tesebut yang mana dengan harapan kita mendapatkan hasil yang optimal dan juga maksimal dari amplifier yang kita rakit.

Namun, terkadang kita mendapati suatu masalah pada power ampifier rakitan mengeluarkan suara mendengung saat dihidupkan. Hal tersebut bisa saja terjadi dan membuat kita tidak nyaman saat mendengar dengungan dari power amplififer tersebut.

Mengatasi ampifier rakitan yang berdengung bukan masalah yang sepele dan bisa dibilang gampang-gampang susah, ada beberapa faktor penyebab amplifier berdengung yang mana diantaranya adalah sistem grounding dan stabilitas tegangan power supply.

Dengan sistem grounding yang tepat maka akan meminimalisir adanya dengung yang diakibatkan oleh induksi dari komponen lain seperti halnya Trafo dan lain sebagainya. Sebelum merakit power amplifier sebaiknya pertimbangkan dahulu sektsa tata letak sirkit atau rangkaian-rangkaiannya.

Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan.


Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan


Faktor Penyebab Power Amplifier Rakitan Mendengung dan Cara Mengatasinya.

Berkaitan hal tersebut ada berbagai faktor penyebab amplifier mengeluarkan suara dengung, yang mana cara mengatasinya pun bisa di sesuaikan dari mana asal induksi terjadinya dengung tersebut.

1. Grounding Kurang Sempurna.

Sistem grounding yang kurang sempurna bisa menimbulkan suara dengung pada power amplifier. Jika hal ini terjadi biasanya di tandai amplifier berdengung dan saat kita menyentuh body atau box power amp maka bunyi dengung semakin keras dan kuat.

Selain itu dengung bisa juga terjadi karena adanya frekuensi liar yang mengganggu sinyal audio. Biasanya hal ini terjadi pada rangkaian tone control, pre amp mic, dan rangkaian lainnya yang mana kita menggunakan kabel sinyal audio dengan asal-asalan.

Cara Mengatasi :
  •  Untuk kabel sinyal audio seperti input dan output tone control sebaiknya gunakanlah kabel yang berbalut ground atau biasa disebut kabel skrem atau kabel head.


  • Saat merakit atur lah kabel dengan baik dan rapi. Untuk potensiometer gunakan juga kabel head jangan menggunakan kabel biasa.
  • Untuk menyempurnakan sitem grounding maka semua body potensiometer solder dan pasang kabel lalu hubungkan ke ground body Trafo dan CT Trafo atau power supply.
  • Gunakan box power amplifier plat besi atau aluminium.

2. Rangkaian Power Supply Kurang Bagus.

Rangkaian power supply atau tegangan power amplifier yang kurang bagus dan kurang stabil akan sangat berpengaruh pada munculnya dengungan. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan oleh power amplifier.

Cara Mengatasi :
  • Gunakan komponen power supply Elco dan Dioda Kiprok dengan kualitas yang bagus.
  • Sesuiakan tegangan dengan kapasitas komponen. Misalkan kalian memakai tegangan output Trafo 25 Volt maka gunakan Elco dengan kapsitas 50 Volt atau lebih besar dari tegangan output Trafo.
  • Untuk rangkaian power supply tone control, pre amp mic, dan perangkat pendukung lainnya maka pasanglah ic regulator seperti 7812, 7912, 7815, 7915.

3. Tata Letak.

Dalam merakit sebuah power amplifier maka sebaiknya atur posisi dari masing-masing kit. Tata letak yang salah antara kit rangkaian juga berpengaruh terhadap timbulnya dengungan. Kasus seperti ini sering memicu adanya induksi sehingga menimbulkan dengung pada power amplifier rakitan.

Cara Mengatasi :
  • Usahakan letak kit rangkaian jauh dari Trafo seperti halnya tone control, kit driver power amplifier, dan rangkaian lainnya.
  • Jika memang letak kit driver dekat dengan Trafo, maka usahakan bagian input audio kit driver pada posisi berbalik dari Trafo atau terhalangi oleh pendingin transistor final.

4. Ukur DC Offset Power Amplifier.

Selain faktor di atas dengung bisa muncul dari tegangan DC Offset dari power amplifier itu sendiri. Tegangan output yang tidak normal akan menimbulkan dengungan.

Cara Mengatasi :

Ukurlah tegangan output driver power amplifier dengan multimeter (AVO) dengan posisi skala pada DCV. Tegangan normal adalah di bawah 100 mv (mikro volt). Apabila output lebih dari tegangang tersebut maka bisa cek transistor final dan kita driver power ampli.

5. Kipas Rangkaian.

Kipas angin rangkaian terkadang bisa juga menimbulkan dengung. Putaran motor kipas bisa memicu induksi yang menyebabkan dengungan pada power amplifier.

Cara Mengatasi :

Coba lepas terlebih dahulu tegangan kipas tersebut apakah masih dengung atau tidak. Jika penyebab dengung dari kipas tersebut, maka kalian bisa melakukan stabiliser pada tegangan kipas dengan cara memasang ic regulator 7812. Gunakan rangkaian power supply terpisah dari rangkaian power supply power amplifier.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi dengung power amplifier. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan terlebih lagi semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jika ada pertanyaan dengan artikel terkait silahkan tulis di forum yang telah tersedia dan kita akan diskusi demi referensi bersama.

24 Responses to "Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan"

  1. mau tanya admin, kenapa speaker saya suara nya bruwet atau gak jelas, padahal sebelumnya biasa saja, tolong di bantu admin, Terimakasih

    BalasHapus
  2. Maksud nya speaker aktif atau hanya speaker nya saja tolong diperjelas.

    BalasHapus
  3. Kalau dengung ikut volume it gimana min??

    BalasHapus
  4. Arfaz Muzic18/09/17 04.44

    Aku sudah coba & hasilnya oke banget. Tapi ada masalah yang aku hadapi yaitu speaker pada rusak kemudian noise. Kalau ground disentuh modulnya hilang. Mohon pencerahan admin yang baik. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Biasanya hal tersebut terjadi karena Grounding yang kurang sempurna bisa juga dari rangkaian power supply nya kurang stabil jadi audionya kurang jernih karena terganggu oleh power supply.

    BalasHapus
  6. Berkaitan dengan hal tersebut tentu ada berbagai faktor penyebab speaker bisa rusak, bisa jadi dari rangkaian kit drivernya mengeluarkan DCO yang berlebih sehingga menyebabkan spul speaker rusak bahkan terbakar. Selain itu Transistor final mati atau jebol bisa juga menyebabkan speaker rusak atau mati. Langkah awal cek secara keseluruhan penyebab speaker rusak.

    BalasHapus
  7. Arfaz Muzic24/09/17 05.39

    Maksudnya speaker 12 nya yang rusak. Saya pakai 12 dan 15 untuk 1 box 1 power mono dengan 3 set sanken, tegangan 47 vac. Dengung semakin besar apabila volume dibesarkan, bila ground disentuh dengung hilang. Mohon solusinya. Trims atas bantuannya

    BalasHapus
  8. Kalau dengung hilang saat body atau ground di sentuh itu karena sistem grounding yang kurang sempurna cara mengatasinya seperti poin nomor 1. Selain itu kadang di balik steker listriknya sudah hilang dengung nya.

    BalasHapus
  9. min saya buat pengeras suara dengan rakitan kit 12 volt menggunakan ic TDA 7297.
    Saya sambung ke dioda 4 buah sebagai kiprok. Lalu saya sambungkan ke trafo 1 ampere pada sekunder trafo saya sambungkan dioda tadi ke 0 dan 12 volt tulisan pada trafo.
    TAPI KENAPA KELUAR SUARA DENGUNG??

    BalasHapus
  10. Mungkin salah dalam pemasangan power supply nya mas, coba cek lagi apakah perakitan dioda dengan elko sudah benar.

    BalasHapus
  11. mas saya ganti elco yang meledak saya ganti kok meledak terus udah 2 kali itu apanya ya mas,tapi meledaknya cma satu padahal 2 elco.

    BalasHapus
  12. Kalau elco meledak bisa karena adanya konslet pada jalur tersebut atau juga transistor rusak bisa menyebabkan elco meledak. Selain itu cek rangkaian power supply pemasangan dioda tidak boleh terbalik.

    BalasHapus
  13. Mas mau tanya kalau travo 5a era 32v ct sama vs travo big 10a tc 32v kira" bisa digabung jadi power suple egak mas sama 32v ct beda ampernya

    BalasHapus
  14. Bisa saja mas tapi akan lebih baik jika ampere trafo sama.

    BalasHapus
  15. Agus Hariyanto15/11/17 23.06

    Saya bingung nih mas pengen ganti transistor apa yang bagus untuk PA 400 .mohon masukanya mas

    BalasHapus
  16. Gunakan saja Transistor yang berkualitas dan asli begitu juga dengan Transistor final karena kualitas sangat berpengaruh pada hasil akhir jangan menggunakan Transistor abal-abal.

    BalasHapus
  17. Meble Tuser04/12/17 05.38

    Mz admin mau tanya saya punya PA potensio volume kq mudah kresek2 itu penyebabnya apa ya mohon penjelasannya? Makasih

    BalasHapus
  18. Terima kasih mas semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  19. Biasanya potensiometernya sudah kotor atau rusak bisa juga dari kualitas potensio nya.

    BalasHapus
  20. Meble Tuser05/12/17 04.47

    Makasih atas masukanya, boleh bantuannya lagi klo potensiometrnya yang bagus merknya apa ya?

    BalasHapus
  21. Yang umum digunakan adalah potensio merk Alpha.

    BalasHapus
  22. Mursid Efendi23/01/18 01.46

    Mau tanya pk admin, saat sy pasang master mixer 1pot, selalu timbul nois bunyi TREEEEETREEEEE...EET gtu, volum master d besarin jg ikut banter, klo tnp master (power lgsung tc) suara bagus brsih tnp nois sdkitpun, mhon masuknnya mas, trmksih.

    BalasHapus
  23. Bisa jadi karena gain oupput atau juga input terlalu besar coba beri resistor untuk output dan inputnya. Selain itu kabel input output sangat berpengaruh maka gunakan kabel yang bagus terutama khusus kabel untuk audio yang berselaput grounding.

    BalasHapus

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel