Cara Memperbaiki Charger HP Rusak Mati Total dan Tidak Mengisi

Cara Memperbaiki Charger HP Rusak Mati Total dan Tidak Mengisi. Charger hp merupakan bagian yang termasuk dalam hal penting untuk sebuah hp, tak terkecuali pada hp smartphone android. Berkaitan dengan hal ini terkadang kita pernah mengalami suatu permasalahan pada charger hp kita.

Permasalahan dari charger sendiri beragam dan bervariasi. Etah itu charger ngadat (mengisi putus nyambung), atau bahkan charger hp mati total alias matot dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tutorial tentang cara mengatasi charger hp yang rusak.

Nah, bagaimana sih cara memperbaiki charger yang rusak itu? perlu di ketahui untuk memperbaiki charger yang rusak gak perlu keahlian khusus, poin utama adalah kita harus sabar dan telaten dalam memperbaikinya.

Kenapa demikian? karena yang namanya elektronik itu susah-susah gampang, jadi kita harus teliti dalam mengerjakan atau memperbaikinya. selain itu kita haruslah bersabar agar kita bisa mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan.

Yang perlu di perhatikan untuk memperbaiki charger yaitu ialah kita harus tahu soal elektronik. meskipun terlihat mudah tapi kalau kita gak tahu tentang dasar elektronik tentu kita akan merasa bingung dalam memperbaikinya.

Jika kalian punya charger hp yang rusak jangan buru-buru di buang. Kita cari solusinya dulu dan coba kita perbaiki sendiri agar charger tersebut bisa di pakai lagi. Berikut ini merupakan cara dan langkah memperbaiki charger rusak yang bisa kalian coba terapkan dalam charger hp kalian yang mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Charger HP Rusak Mati Total dan Tidak Mengisi.


Cara Memperbaiki Charger HP Rusak Mati Total dan Tidak Mengisi

Perlu dipahami sebelum mulai memperbaiki charger HP yang rusak maka lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan penyebab charger hp tidak mengisi atau juga charger hp mati. Dengan demikian kalian akan lebih mudah menentukan poin atau letak kerusakan nya. Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab kerusakan charger HP.

  • Kabel rusak atau putus.
  • Port berkarat atau kotor dan korosi sehingga tegangan output charger tidak bisa mengalir.
  • Ada konektor pin dalam port USB yang rusak (patah, miring, dan tertekuk).
  • Salah dalam memasang baterai hp.
  • Baterai tidak original atau KW.

Jika kalian telah memahami beberapa faktor penyebab charger HP rusak di atas, selanjutnya kita ketahap perbaikan. Adapun beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki charger HP yang rusak adalah sebagai berikut:

Dalam memperbaiki charger yang rusak ini terbagi menjadi 3 kategori yakni, charger mati total, charger putus nyambung, dan charger tidak dapat mengisi daya.

1. Charger hp Mati Total.

Permasalahan charger matot (mati total) merupakan permasalahan yang sering terjadi, yang mana dalam kondisi seperti ini dipastikan bahwa charger tidak mengisi daya baterai hp meskipun telah dihubungkan ke hp.

Selain itu pada layar hp juga tidak menunjukkan tampilan logo charger baterai dan tidak ada tegangan listrik yang masuk. Adapun langkah perbaikan adalah sebagai berikut :

  • Periksa pemasangan baterai hp apakah sudah benar.
  • Periksa kabel charger. Alternatif coba ganti kabel charger dengan kabel charger yang lain untuk memastikan kondisi kabel charger.
  • Periksa batok atau kepala charger.

Apabila benar kepala chargernya yang rusak atau mati, maka cara perbaikan adalah dengan membongkarnya dan mencari komponen yang mati. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka box kepala charger dan keluarkan rangkaian chargernya.
  • Amati setiap komponen yang ada apakah ada yang terbakar (gosong).
  • Biasanya komponen pada rangkaian charger hp yang sering mengalami kerusakan adalah Resistor, Dioda, Elco (kapasitor), dan transistor.

  • Periksa kembali semua komponen dengan multimeter hingga menemukan komponen yang mati.
  • Jika komponen yang mati sudah ditemukan maka ganti dengan yang baru, komponen tersebut bisa di beli di toko eletronika dengan harga yang murah meriah.


2. Charger Putus Nyambung.

Terkadang hal ini membuat kita merasa jengkel yang mana charger hp  sering putus nyambung saat digunakan untuk men-charger sebuah hp. Biasanya hal ini bisa terjadi karena port USB telah longgar atau juga ada kabel yang putus di bagian dalam. Adapun langkah dalam memperbaikinya adalah sebagai berikut :
  • Cek kabel USB atau kabel charger dengan multimeter.
  • Setelah menemukan bagian kabel yang putus maka potong pada bagian tersebut.
  • Selanjutnya sambung kembali kabel yang telah di potong.
  • Jangan lupa bungkus dengan isolasi.


3. Charger Tidak Mengisi Daya.

Untuk permasalahan yang satu ini memiliki faktor yang beragam. Bisa karena kepala charger mati, kabel charger rusak, atau bisa juga dari port USB nya. Dalam langkah perbaikan tentu kita harus memeriksa semua nya baik pada kepala charger, kabel charger, dan juga port USB. Hal ini dilakukan untuk mencari sumber kerusakan charger tidak mengisi daya.

Demikian pembahasan tentang cara memperbaiki charger hp yang rusak. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan juga bisa bermanfaat umumnya untuk kita bersama dan khusunya bagi pembaca setia blog Divaiz.com

0 Response to "Cara Memperbaiki Charger HP Rusak Mati Total dan Tidak Mengisi"

Posting Komentar

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel