Cara Cek DCO dan BIAS Driver power SOCL 504 Terbaru

Cek DCO dan BIAS Driver power SOCL 504. Saat merakit sebuah power amplifier mungkin saja selama ini kita beranggapan hanya bisa merakit power amplifer hingga bisa bunyi dan sudah selesai sampai disitu. Namun, faktanya ada beberapa jenis kit driver yang terdapat variable DCO yang mana dapat kita atur dengan semestinya agar mendapatkan kualitas suara terbaik.

Dalam hal ini tentu tidak semua driver power amp ada setelan untuk mengatur maupun cek dco power ocl dan bias dari rangkaian driver tersebut. Namun, pada dasarnya semua rangkaian power amplifier tentu ada DCO dan juga BIAS nya.

Lantas bagaimana dengan power amplifier yang tidak ada pengaturan VR atau TRimpotnya?

Untuk driver power amplifier yang tidak ada VR nya dari rangkain driver tersebut memang sudah ditentukan dan sudah disetel dengan sebaik mungkin untuk keduanya. Sehingga jika kita akan merakit driver tersebut kita tinggal pasang dan tak perlu susah untuk mengetahui cara menurunkan dco power tersebut.

Cara Cek DCO dan BIAS Driver power SOCL 504 Terbaru.


Cara Cek DCO dan BIAS Driver power SOCL 504 Terbaru


Apa itu DCO dan apa itu BIAS driver power amplifier?

DCO ( DC Offset ) adalah tegangan DC yang keluar dari keluaran speaker driver power amplifier. Apabila tegangan DC yang yang keluar dari output driver terlalu besar maka akibatnya akan sangat berbahaya yang mana bisa menyebabkan spul speaker hangus atau terbakar. Maka dari itu pengaturan driver power amplifier haruslah tepat.

Pada umumnya power amplifier dengan daya watt besar menggunakan tegangan power supply simetris (tegangan ganda) dan pada output driver amplifier langsung terhubung ke speaker tanpa filter kapasitor. Output atau keluaran driver amplifier tersebut bisa saja mengandung tegangan DC, tegangan DC itulah yang disebut sebagai DC offset.

BIAS power amplifier adalah besarnya arus tegangan terdapat pada kaki basis transistor final. Untuk BIAS ini antara tegangan kaki basis transistor min dan plus haruslah bisa seimbang agar didapat kinerja power amplifier yang maksimal.

Bagaimana cara cek dan mengatur DCO dan BIAS power amplifier yang tepat?

Untuk setting atau pengaturan ini berlaku pada driver power amplifier yang ada VR nya. Seperti halnya setting dco socl 504 dan cara setting bias socl 504. Beda lagi dengan cara setting bias power safari yang sudah paten dan tidak perlu di atur lagi.

Cara Cek dan Mengatur DCO.

  • Siapkan AVO meter digital dan arahkan pada skala 200mVDC
  • Hubungkan input driver power amp dengan ground
  • Jangan menggunakan speaker atau speaker dilepas dahulu
  • Lepas dahulu transistor finalnya namun tetap menggunakan transistor juga tidak masalah
  • Saat pengaturan, beri driver power amp tegangan kecil dahulu
  • Hidupkan power amplifier dan volume harus pada posisi 0
  • Hubungkan probe/kutub positif AVO meter ke output speaker driver power amp
  • Kemudian probe/kutub negatif AVO meter dihubungkan ke ground
  • Hasil terbaik pada AVO meter menunjukkan 0 Volt

Cara Cek dan Mengatur BIAS.

  • Siapkan AVO meter digital dan arahkan pada skala 20VDC
  • Lepas input driver power amp yang terhubung ke ground
  • Jangan menggunakan speaker atau speaker dilepas dahulu
  • Lepas dahulu transistor finalnya namun tetap menggunakan transistor juga tidak masalah
  • Saat pengukuran, beri driver power amp tegangan kecil dahulu
  • Hidupkan power amplifier dan volume harus pada posisi 0
  • Hubungkan probe/kutub positif AVO meter ke jalur kaki basis
  • Kemudian probe/kutub negatif AVO meter dihubungkan ke ground
  • Hasil terbaik pada AVO meter akan menunjukkan tegangan yang seimbang antara kiri dan kanan.

Degan menerapkan cara pengukuran dan pengaturan diatas pada driver power amplifier rakitan maka kita akan mendapatkan kualitas audio power ampli yang terbaik dan bagus. Selain itu tentu saja akan membuat loud speaker menjadi aman sehingga akan mengurangi resiko spul speaker terbakar.

Demikian pembahasan kali ini tentang bagaimana setting DCO dan BIAS pada driver power ampli. Semoga informasi berikut bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama.

1 Komentar untuk "Cara Cek DCO dan BIAS Driver power SOCL 504 Terbaru"

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel