Skema & Cara Membuat Tone Control Pasif Tanpa Transistor

Skema & Cara Membuat Tone Control Pasif Tanpa Transistor. Bagi yang hobi di bidang audio elektronik, mungkin sudah banyak yang mengenal yang namanya rangkaian tone control. Tone control merupakan rangkaian yang dapat mengatur nada pada sistem audio.

Biasanya pada sebuah rangkaian tone control terdapat 2 penguatan nada yaitu pengatur nada bass dan pengatur nada treble. Namun, ada juga tone control yang sudah dilengkapi beberapa pengatur frekuensi seperti halnya pengatur nada middle dan tone control plus subwoofer.

Ada dua jenis dari tone control yaitu tone control pasif dan tone control aktif. Tone control pasif adalah tone control dengan menerapkan komponen pasif seperti halnya kapasitor, resistor, dan potensiometer yang terhubung dalam satu rangkaian tanpa tegangan atau arus.

Sedangkan tone control aktif adalah tone control yang menerapkan fungsi komponen aktif seperti Transistor atau juga IC dan membutuhkan tegangan untuk bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Skema & Cara Membuat Tone Control Pasif Tanpa Transistor.


Skema & Cara Membuat Tone Control Pasif Tanpa Transistor

Rangkaian Tone Control Pasif.


Berikut adalah skema rangkaian tone control pasif yang sangat sederhana. Rangkaian ini sangatlah sederhana yang mana hanya membutuhkan sedikit komponen saja. Komponen yang digunakan pada rangkaian ini sangat mudah didapatkan di pasaran.

Skema Tone Control Pasif

Untuk membuat tone control pasif ini sangatlah mudah dan dengan biaya yang murah maka kalian sudah memiliki rangkaian tone control yang bisa mengatur frekuensi audio amplifier kalian. Sementara jika kalian ingin merakitnya pada sebuah pcb maka berikut adalah layout tone control pasif yang bisa kalian cetak.

Layout Tone Control Pasif

Demikian pembahasan tentang rangkaian tone control pasif. Semoga informasi berikut bisa menambah wawasan dan menjadi suatu referensi bagi kalian yang ingin membuat tone control sendiri. Tulis komentar kalian pada kolom yang tersedia jika ada hal yang ingin dipertanyakan.

1 Komentar untuk "Skema & Cara Membuat Tone Control Pasif Tanpa Transistor"

Kami sangat menghargai saran maupun kritik Anda demi dan tujuan membangun serta bisa menjadikan referensi secara umum. Sebagai wujud apresiasi Anda, silahkan berkomentar dengan bijak dan dengan etika kesopanan tanpa ada unsur yang menyimpang. Selain itu kami tidak menerima komentar dengan link aktif. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel