Cara Memperbaiki Potensio Kresek-Kresek Pada Amplifier





Cara Memperbaiki Potensio Kresek-Kresek Pada Amplifier. Komponen potensiometer juga memiliki peran penting dalam sebuah rangkaian elektronika, seperti halnya pada sebuah rangkaian amplifier. Pada umumnya power amplifier menggunakan potensio baik sebagai pengatur volume, treble, maupun bass.

Namun, tidak semua rangkaian power amplifier menggunakan potensiometer banyak juga dari rangkaian tersebut menggunakan sistem digital yang sudah modern dan menggunakan remote sebagai control atas kendalinya.

Biacara soal potensio amplifier terkadang kita menemui masalah yang mana potensio kresek-kresek atau amplifier bunyi kresek-kresek. Biasanya bunyi kresek-kresek atau bunyi grodok-grodok timbul di speaker ketika kita memutar knop potensio.

Cara Memperbaiki Potensio Kresek-Kresek Pada Amplifier.


Cara Memperbaiki Potensio Kresek-Kresek Pada Amplifier


Berkaitan dengan hal ini maka ada beberapa faktor dari timbulnya masalah tersebut yang mana diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Potensio berkualitas kurang bagus
  • Potensio kotor
  • Potensio Rusak

Bunyi kresek-kresek sering mengganggu sehingga terkadang membuat kita tidak nyaman. Untuk mengatasi atau memperbaiki bunyi kresek-kresek ini ada beberap hal dan langkah yang boleh kita coba terapkan yang mana diantaranya adalah sebagai berikut :

Potensio kualitas rendah.

Jika memang kulitas potensio itu sendiri kurang bagus biasanya akan sangat mudah sekali rusak atau gampang timbul bunyi kresek-kresek. Rekomndasi silahkan kalian ganti saja dengan potensio yang berkualitas bagus.

Potensio kotor.

Umumnya bunyi kresek-kresek ini karena potensio kotor sehingga kinerja potesio itu sendiri terganggu oleh kotoran atau pun debu. Cara mengatasinya kita bisa mencoba untuk membersihkannya dengan bensin, tiner, dan rekomendasi pakai air duster, atau pembersih dengan bahan aerosol atau udara yang di kompresikan. Pastikan juga yang ramah lingkunan non CFC atau juga bisa dengan contact cleaner.



Semprot bagian dalam potensio dengan air duster atau contact cleaner dan tunggu beberapa saat.



Potensio rusak

Biasanya potensio rusak bisa dicek dengan menggunakan Avo meter yaitu dengan ×1K OHM. Cara cek adalah dengan menempelkan probe merah pada kaki tengah dan hitam ke bagian kaki samping, lalu putarlah kenop pada potensio.

Apabila Avo meter jarum bergerak perlahan maka potensio masih dalam keadaan bagus. Namun jika jarum Avo meter bergerak secara spontan atau bahakan tidak bergerak sama sekali maka potensio sudah rusak maka langkah yang tepat adalah mengganti dengan potesio yang baru dan bagus.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi potensio rusak bunyi kresek-kresek. Semoga informasi kali ini dapat menambah wawasan dan menjadi suatu referensi kita bersama.

Jika ada ada hal ingin dipertanyakan atau mungkin kalian ingin memberi informasi tambahan silahkan tulis pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel