Cara Pasang & Menambah Rangkaian Subwoofer Pada Amplifier

Cara Pasang & Menambah Rangkaian Subwoofer Pada Amplifier. Saat ini berbagai macam kit aksesoris rakitan sudah banyak tersedia dipasaran. Hal tersebut membawa kabar positif bagi para pecinta audio terutama untuk audio rakitan yang mana bisa menambah aksesoris pada perangkat audio yang kita miliki.

Tujuan dipasang aksesoris tambahan ini agar mendapatkan hasil suara yang manatap dan terbaik. Seperti halnya rangkaian filter subwoofer sudah bukan hal yang asing lagi bagi para pecinta audio, pasalnya kini sudah banyak sekali kit subwoofer yang dijual dan tersedia di berbagai toko elektronik baik secara online maupun offline.

Pada pembahasan kali ini adalah pemasangan subwoofer amplifier yang terpisah dari rangkaian tone control yang mana rangkaian kit filter subwoofer ini membutuhkan tegangan atau supply dan umumnya menggunakan supply tegangan simetris.

Umumnya sebuah kit subwoofer bekerja pada frekuensi yang rendah yaitu kisaran 100Hz kebawah bahkan sampai ada yang ke 30Hz. Dengan hal ini maka nada bass akan lebih terasa empuk namun terkadang efek yang ditimbulkan adalah terlihat pada daun speaker yang bergerak secara aktif dan liar.

Cara Pasang & Menambah Rangkaian Subwoofer Pada Amplifier


Cara Memasang Kit Subwoofer.

Apabila rangkaian tone control juga menggunakan tegangan supply simetris maka pemasangan tegangan untuk kit subwoofer bisa digabungkan dengan tegangan tone control dan agar supply lebih stabil maka bisa memasang ic regulator 7812 dan 7912.

Kit Subwoofer


Pemasangan ic regulator 7815 dan 7915 juga bisa mengurangi nois dan hum akibat kurang stabilnya tegangan supply. Dengan demikian maka suara akan semakin bersih dan jernih tanpa adanya nois.

Skema pemasangan kit subwoofer ini seperti halnya sistem yang digunakan pada speaker aktif. Yang mana walaupun saat otensio tone kontrol ditutup maka subwover akan tetap berbunyi atau suara sudah terpisah dengan tone control.

Berikut ini adalah skema dan juga sekaligus diagram pemasangan kit subwoofer pada amplifier dengan tone control.

Skema Pemasangan Kit Subwoofer Pada Amplifier




Kit subwoofer pada umumnya menggunakan ic 4558 yang mana untuk supply membutuhkan tegangan 15VDC. Untuk lebih aman dan untuk berjaga-jaga kerusakan ic maka gunakan saja tegang 12V dari output trafo. Apabila hasilnya audio masih kurang halus maka R10k pada input amplifier ganti dengan 47k.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang & Menambah Rangkaian Subwoofer Pada Amplifier"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel