Cara Mengetahui Hp Android Sudah Di-root atau Belum Paling Akurat





Cara Cek Hp Android Yang Sudah Di-root. Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Rooting, Root / rooting smartphone merupakan suatu langkah untuk membuka hak akses yang penuh terhadap seluruh sistem yang ada pada smartphone.

Jika kalian sering membeli smartphone bekas atau second maka kalian seharusnya mengetahui bahwa hp sudah pernah di root atau belum. Kenapa harus cek smartphone sudah di root? Karena pada dasarnya root adalah tanda bahwa smartphone sudah tidak bersegel lagi, yang mana sistem / program yang didalamnya sudah bukan bawaan pabriknya.

Hp android yang sudah di root maka sistem yang ada telah dioprek atau diubah-ubah sedemikian rupa. Sehingga pengguna lebih leluasa atas kendali sistem yang ada pada smartphone tersebut. Melakukan rooting android tentu ada kelebihan dan keurangan tersendiri.

Cara Cek HP Android Yang Pernah Di Root.


Cara Mengetahui Hp Android Sudah Di-root atau Belum

Seperti yang diketahui secara umum bahwa rooting android memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri yang mana perlu kita ketahui jika kita ingin melakukan rooting sebuah smartphone android.

Kelebihan Root HP Android


  • Pengguna bisa menghapus atau uninstall aplikasi bawaaan.
  • Akses dan performa hp bisa dipercepat.
  • Mampu mengosongkan memory internal.
  • Bebas merubah tampilan.
  • Baterai bisa diperhemat sehingga lebih awet dan tahan lama.

Kekurangan Rooting HP Android


  • Garansi hilang dan tidak berlaku lagi.
  • Rawan terserang virus.
  • Dapat menyebabkan kerusakan software, bootloop, hardbrick, error aplikasi, dan softbrick.
  • Apabila gagal saat proses rooting, dapat berakibat fatal pada hp.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan rooting smarphone android dan berikut adalah cara mudah mengetahui hp android sudah di root atau belum.

Cara Mengetahui Hp Android Sudah Di-root

1. Pertama silahkan kalian unduh aplikasi Root Checker


2. Setelah selesai unduh dan install maka buka aplikasi maka otomatis akan muncul tamplian "Bahwa aplikasi tidak melakukan rooting", maka pilih saja Agree

3. Kemudian kalian pilih Verify Root untuk mulai proses check rooting.


4. Selanjutnya tunggu hingga proses analisa selesai, dan jika hp kalian sudah di root maka akan tampilan warna hijau "Congratulation! Root access is properly installed on this device!".


5. Namun, jika hp android kalian belum di root maka akan tampil tulisan warna merah "Sorry! Root access is not properly installed on this device".


Demikianlah cara melihat hp yang sudah diroot atau belum, tanda hp sudah di root, cara mengetahui hp sudah pernah di root, perbedaan hp yang sudah di root dan belum, ciri-ciri hp android sudah di root, cara menggunakan aplikasi root checker, bagaimana mengetahui jika hp saya sudah pernah di rooting atau belum.

Semoga informasi berikut bisa menjadi referensi untuk kita bersama. Jika kalian ingin melakukan rooting itu adalah hak pribadi kalian, namun sebaiknya admin sarankan tak perlu melakukan root, karena pada pembahasan diatas sudah admin kekurangan jika hp sudah di root.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel