Cara Menambah TEF SOCL 504 Yang Benar





Cara Menambah TEF SOCL 504 Yang Benar. Modif power socl 504 menjadi TEF sering dilakukan oleh mereka yang memiliki rangkaian amplifier socl 504 ini. Sebagian dari kalangan pecinta audio sound system melakukan perombakan pada sebuah driver amplifier yang mereka miliki.

Hal ini wajar saja karena mereka berharap sebuah amplifier yang digunakannya bisa mampu memenuhi kebutuhan setup audio dan juga bisa bekerja secara maksimal.

Tak sedikit dari mereka melakukan modif driver socl 504 dengan menambah TEF pada rangkaian driver amp nya. Banyak yang menanyakan tentang cara tef socl 504 ini. Pada umumnya langkah bisa dilakukan pada semua jenis driver amplifier ocl dan termasuk juga pada rangkaian sejenis socl.

Lalu apa tujuan pasang TEF ?

Tujuan pemasangan atau menambah transistor TEF ini agar kinerja driver semakin optimal dan sekaligus bisa menambah daya amplifier. Selain itu, diharapkan mampu menguatkan sinyal suara yang akan diumpankan ke transistor final.

Cara TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Umumnya penambahan TEF socl 504 ini digunakan untuk power amplifier yang memiliki beban kerja yang berat, seperti halnya power amplifier untuk mengangkat speaker 18 inch subwoofer atau untuk sebuah power amplifier subwoofer.

Sementara untuk driver amplifier rumahan atau driver biasa admin rasa kurang efektif, karena tanpa TEF pun untuk sekelas socl ini sudahlah memiliki kualitas audio yang bagus, yang mana suara dan karakternya pun sudah bagus. Namun, jika kalian ingin menambahkan TEF juga tidak ada salahnya dan tidak masalah.

Sebelum kalian modif alangkah baiknya kalian cek terlebih dahulu dan setting dco sekecil mungkin hingga mendekati atau kalau bisa 0 Volt.

Untuk pemasangan TEF pada driver 504 maka membutuhkan beberapa komponen yang akan kita pasang pada kit pcb rangkaian yang mana diantaranya adalah sebagai berikut.

Komponen Yang Di Butuhkan

  • Transistor C5198 dan A1941 ( Sejenis NPN dan PNP )
  • Resistor 100 Ohm 2 Watt 2 buah

Cara Menambah TEF Pada SOCL 504

Pasang transistor C5198 (NPN) pada jalur positif dan transitor A1941 (PNP) pada jalur negatif. Kaki Basis transistor TEF terhubung ke kaki Emitor transistor driver, sementara kaki Emitor transistor TEF terhubung ke kaki basis transistor final. Untuk kaki Colektor TEF terhubung dengan jalur tegangan atau ke kaki colektor transistor final.

Untuk Pemasangan Transistor Perhatikan Gambar Berikut


R kapur diganti dengan R 100 ohm, sementara kaki Emitor transistor TEF dihubungkan ke jalur basis transistor final. Sementara untuk mengatasi agar transistor TEF tidak panas maka alangkah baiknya dipasangi heatsing atau pendingin seperlunya.

Untuk hasil akhir yang bagus maka disarankan menggunakan transistor TEF yang bagus dan asli. Transistor sangat berpengaruh terhadap kualitas audio yang mana jika transistor kualitas jelek maka uotput audio juga akan jelek dan tidaklah bagus.

Demikian cara pasang TEF pada driver socl 504. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share agar rekan-rekan bisa mengetahui informasi ini.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel