Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster Yang Benar

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster. Menonton televisi dengan gambar dan suara yang jernih merupakan idaman semua orang, sehingga kita bisa menikmati berbagai acara kesukaan kita dengan rasa yang nyaman. Namun, tak jarang beberapa orang mengalami kendala dalam menyaksikan tayangan televisi dengan gambar yang kurang jelas karena faktor penangkapan siaran dari stasiun televisi yang kurang bagus.

Untuk memaksimalkan penangkapan sinyal tv umumnya mereka menggunakan antena eksternal atau antena luar ruangan dan ditambahkan booster. Biasanya hal ini banyak ditemukan didaerah yang jauh dari BTS televisi dan juga di daerah pelosok yang susah terjangkau jaringan televisi.

Booster tv sendiri memiliki fungsi untuk menguatkan penakapan sinyal yang di pancarkan dari pemancar BTS televisi. Bagian rangkaian boster tv terdiri dari 2 bagian yaitu bagian power supply atau adaptor yang umumnya letaknya di dekat tv atau dibawah. Untuk bagian yang kedua yaitu bagian rangkaian utama penangkap sinyal dan umumnya terletak diatas dekat dengan antena.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster.



Memilih kabel antena tv yang bagus

Kabel yang bagus untuk antena tv saat ini sudah banyak tersedia di toko elektronik, kita bisa memilih berbagai kabel antena untuk tv kita. Untuk mendapatkan hasil gambar dan suara yang jernih dan berkualitas maka sebaiknya gunakan kabel antena tv yang bagus. Kabel antena sangat berpengaruh pada kualitas baik gambar dan juga suara pada televisi. Umumnya kabel antena yang baik dan bagus adalah kabel coaxial yang khusus untuk kabel antena tv. Jika kalian ingin kabel antena yang lebih bagus maka kalian bisa gunakan kabel coaxial RG 58.

Kabel coaxial RG 58



Menyambung kabel antena tv ke booster

Cara menyambung kabel antena tv ke booster sebenarnya sangatlah mudah dilakukan, namun bagi yang awam mungkin akan merasa bingung untuk menentukan jalur kabel antena tv yang akan dipasang.

Pada rangkaian atau blok adaptor ada dua jalur kabel antena yaitu jalur kabel menuju ke tv dan jalur kabel menuju rangkaian atau blok booster. sedangkan rangkaian booster biasanya terdapat tiga jalur, yaitu jalur menuju rangkaian adaptor, jalur ke antena UHF dan jalur ke antena VHF.

Langkah penyambungan

  • Hubungkan jalur to tv ke tv atau ke jack antena di belakang tv
  • Hubungkan to booster ke jalur out pada rangkaian booster
  • Hubungkan antena ke UHF in rangkaian booster


Pada rangkaian booster menuju ke antena biasanya yang sering digunakan adalah jalur UHF yang mana untuk menangkap siaran-siaran tv UHF. Namun, jika kalian ingin menangkap siaran VHF maka bisa menambahkan antena untuk VHF. Sementara untuk penyambungan atau pemasangan kabel antena dan booster ke tv kalian bisa perhatikan skema berikut ini.



Biasanya pada masing-masing blok baik rangakain adaptor dan juga rangkaian booster sudah ada tulisan yang mengarah ke jalur masing-masing baik ke tv, ke adaptor, ke booster dan juga ke antena.

Jika kalian ingin membuat antena tv sendiri dengan biaya yang murah dan hasil yang bagus maka kalian bisa simak Cara Mmebuat Antena TV Sendiri Gambar Jernih.

Nah, itulah cara pasang kabel antena booster ke tv. Semoga informasi berikut ini bisa bermanfaat untuk kita bersama dan jangan lupa silahkan share artikel ini agar sama-sama kita bisa berbagi ilmu pengetahuan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster Yang Benar"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Perlu diketahui bahwa komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel