Cara Pasang Tone Control 3 Potensio ke Amplifier





Cara Pasang Tone Control 3 Potensio ke Amplifier. Tone control 3 potensio merupakan rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengatur nada baik bass, treble, dan vulome pada amplifier. Rangkaian ini sering dijumpai pada sebuah amplifier yang mana digunakan untuk asesoris control atau pengaturan.

Pada sebuah amplifier semestinya terdiri atas beberapa rangkaian seperti halnya rangkaian power amplifier, supply, dan rangkaian tone control. Rangkaian tone control sendiri terbagi dua jenis yaitu tone control aktif dan tone control pasif. Kedua jenis ini sama-sama memiliki peran dan fungsi untuk mengatur frekuensi pada amplifier.

Perlu diketahui dipasaran saat ini banyak sekali model dari tone control. Mulai dari 3 potensio sampai 6 potensio bahkan ada yang lebih. Untuk tone control mono 3 potensio biasanya membutuhkan tegangan supply tunggal atau bukan simetris sehingga dalam pemsangannya cukuplah mudah dan simple.

Cara Memasang Tone Control Mono 3 Potensio ke Amplifier.



Sebenarnya dalam memasang tone control pada amplifier cukuplah mudah. Namun, bagi yang masih awam mungkin hal ini akan merasa kebingungan dalam menyambung jalur kabel tone control.

Biasanya pada rangkaian kit tone control sudah ada petunjuknya dan kita tinggal menyambungkan atau menghubungkan sesuai dengan petunjuk yang ada pada pcb kit rangkaian tone control tersebut.

Langkah pemasangan tone control mono


  1. Hubungkan tegangan tone control ke rangkaian supply 12 volt
  2. Hubungkan input tone control ke sumber audio seperti hp, dvd, dan lainnya
  3. Hubungkan output tone control ke input driver amplifier


Untuk skema pemasangan tone control ke amplifier adalah sebagai berikut.



Saat melakukan pemasangan tone control pada amplifier maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Usahakan untuk bagian input dan output gunakan kabel yang bagus dan berkualitas atau bisa gunakan kabel head atau kabel dengan isi 3 untuk jalur audio. Untuk menghindari dengung dan noise, sebaiknya semua body potensio dihubungkan ke ground.

Selain untuk tegangan 12 volt maka pasang atau gunakan ic regulator 7812. Hal ini dilakukan agar tegangan lebih stabil dan bisa menghilangkan dengung akibat cacat tegangan.

Nah, itulah cara memasang tone control mono 3 potensio ke amplifier. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bersama, jangan lupa silahkan kalian share tutorial ini agar sama-sama kita bisa berbagi





Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel