Cara Membuat Rangkaian Anti Jeglek (Anti Konslet) Untuk Berbagai Peralatan Elektronik





Cara Membuat Rangkaian Anti Jeglek (Anti Konslet) Sederhana. Mungkin diantara kita pernah mengalami dalam memperbaiki peralatan elektronika dan setelah mencoba ternyata ada jalur rangkaian yang terhubung singkat atau konslet maka dengan seketika listrik rumah lansung jeglek atau trip. Terkadang hal ini membuat kita merasa was-was untuk memperbaiki suatu peralatan elektronika.

Berkaitan dengan hal ini maka kami akan berikan tips agar dalam memperbaiki peralatan eletronik walau ada jalur yang konslet tidak akan membuat listrik rumah jeglek. Simak penjelasannya agar kalian juga bisa membuat rangkaian anti jeglek.

Mungkin sebagian dari kita belum begitu paham apa fungsi dan cara kerja dari rangkaian anti konslet ini. Rangkaian ini sangat ampuh untuk mengatasi listrik yang sering jeglek akibat adanya konslet jalur rangkaian.

Cara Membuat Rangkaian Anti Konslet


Cara Membuat Rangkaian Anti Jeglek (Anti Konslet)

Fungsi Rangkaian Anti Konslet

Fungsi dari rangkaian anti konslet ini adalah sebagai pengaman arus listrik, yang mana apabila terjadi konslet pada peralatan yang kita servis ata jalur rangkaian maka mcb listrik tidak langsung jeglek.

Misalkan saja kita sedang menyalakan sebuah power amplifier dengan daya dan trafo yang besar maka bisa saja listrik rumah akan langsung jeglek. Nah, dengan rangkaian ini maka akan dapat mengatasi dan sekaligus sebagai solusi bagi listrik rumah kita yang sering jeglek.

Cara Membuat Rangkaian Anti konslet

Untuk membuat rangkaian anti jeglek cukup mudah untuk kita terapkan, karen prinsip kerja rangkaian ini seperti halnya sebuah saklar lampu. Ada beberapa alat dan bahan yang harus kita persiapkan untuk membuat rangkaian ini, yang mana diantaranya adalah sebagai berikut.

  •  Stop kontak
  •  Fiting lampu
  •  Lampu bohlam 60 - 100 Watt
  •  MCB


Skema Rangkaian Anti Konslet Pertama


Untuk skema rangkaian yang pertama ini merupakan rangkaian anti konslet yang sederhana dan membutuhkan sedikit alat. Cara kerja dari rangkaian ini adalah arus listrik PLN masuk ke fiting lampu dan bagian fiting lampu yang satunya dihubungkan ke stop kontak. Kemudian bagian stop kontak yang satunya menuju ke AC PLN.

Cara Penggunaan

Untuk menggunakannya pertama colokan terlebih dahulu rangkaian anti konslet ke listrik PLN, setelah itu colokkan peralatan elektronik pada stop kontak di rangkaian Anti konlset. Apabila terjadi konslet pada perangkat atau alat yang di colokan ke rangkaian maka lampu rankaian akan menyala dengan terang, dengan demikian maka MCB listrik PLN tidak jeglek.

Skema Rangkaian Anti Konslet ke Dua


Untuk skema rangkaian anti konslet yang ke dua ini memiliki fungsi dan cara kerja yang sama seperti skema yang peratama, hanya saja pada skema ke dua ada penambahan MCB dan satu buah fitting juga lampu bolam. Cara kerja rangkaian ini juga sama seperti yang pertama, namun bedanya yaitu misalkan terjadi konslet maka lampu akan menyala dan bisa juga MCB yang ada di Rangkaian akan jeglek.

Nah, demikian cara membuat rangkaian anti konslet sederhana yang bisa kita terapkan dan kita rakit sendiri dengan mudah. Semoga informasi berikut ini bisa menjadi referensi bersama dan jangan lupa silahkan share agar sama-sama kita bisa berbagi.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel