Cara Memilih Elco Yang Bagus dan Asli Untuk Amplifier Rakitan





Cara memilih Elco yang bagus dan asli untuk Amplifier rakitan. Elco ( kapasitor ) merupakan komponen elektronik yang sering digunakan pada bebrbagai rangkaian elektronika. Komponen yang satu ini juga mudah di dapat di beberepa toko elektronik. Memilih merk elco yang bagus untuk power amplifier tentu harus kita pertimbangkan apabila kita akan merakit sebuah amplifier.

Elco terbaik untuk power amplifier ini juga berpengaruh terhadap hasil rangkaian power supply. Gunakan merk elco yang bagus untuk power supply atau elco yang bagus untuk audio. Jika kalian ingin membeli elco baru maka hendaknya teliti terlebih dahulu, karena saat ini banyak sekali elco-elco palsu beredar dipasaran elektronik.

Umumnya untuk membedakan elco yang asli dan palsu dapat dilihat dari nilai kapasitas, ukuran, dan juga pengetesan voltasenya. Namun, kini para pemalsu elco juga lihai dalam membuat elco yang palsu. Mereka mengganti kaleng elco palsu dan menyerupakan dan dibuat semirip mungkin dengan elco yang asli sehingga sulit untuk membedakan mana elco asli dan palsu.

Dengan hal ini tentunya sangatlah membuat kita kecewa. Bagaimana tidak, jika kita membeli elco palsu maka kita pun akan mengalami kerugian materiel, waktu, dan tenaga. Apalagi jika elco tersebut sudah terlanjur terpasang pada rangkaian kemudian meledak saat digunakan karena spesifikasinya tidak cocok dengan yang tertera pada tulisannya dan tidak mampu menahan beban daya yang besar.

Cara Membedakan Elco Asli dan Palsu



Umumunya elco yang dipalsukan adalah elco yang memiliki kapasitas besar seperti halnya 3300uf hingga 10000uf. Hal ini tentu ada beberapa faktor yang mendasarinya, dan salah satunya adalah karena dengan memalsukan elco ukuran besar tentu bisa memberikan keuntungan tersensdiri bagi pihak pemalsu. Sedangkan untuk elco ukuran kecil sangat minim dan jarang sekali dipalsukan.

Apabila kalian hendak membeli elco dengan ukuran yang besar, maka alangkah baiknya kita lebih berhati-hati. Dengan maraknya elco palsu yang beredar terkadang sering membuat kita terkecoh dalam memilih sebuah elco untuk amplifier.

Cara Membedakan Elco Asli dan Palsu

Untuk mengetahui elco asli dan palsu susah-susah gampang, bagi mereka yang sudah paham betul akan elco asli tentu hal ini sangat mudah dilakukan. Namun, bagi yang masih awam dan pemula maka hal ini bisa menjadi keraguan tersendiri dalam memilih elco. Berikut adalah beberapa aspek yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui dan membedakan sebuah elco.

Ukuran dan Body

Pada sebuah elco umumnya terdapat selongsong atau pembungkus dari bahan plastik yang mana terdapat label kapasitas dari elco. Apabila kalian menemukan elco dengan ukuran kapasitas besar, namun bentuk bodinya kecil, maka tentu saja elco tersebut adalah palsu. Misalkan kita menemui elco dengan label kapasitas 4700uf/50V namun memiliki bodi hanya sebesar elco 1000uf/50V maka sudah pasti elco ini merupakan elco yang palsu.

Aluminium Elco

Elco palsu yang marak dijual dipasaran adalah elco yang berlabel kapasitas besar namun setelah dibongkar ternyata elco isi aspal atau elco isi lilin dan hanya elco kecil. Para pemalsu mengganti aluminium pembungkus elco dengan ukuran yang besar dan diberi cetakan label kapasitas besar namun pada kenyataanya isi didalamnya adalah elco kecil.




Yang sering ditemui elco palsu seperti ini adalah elco dengan ukuran 10000uf yang mana terkadang isi elco sebenarnya adalah elco 2200uf. Selain itu, untuk ukuran elco yang lebih besar juga sering dipalsukan.

Menggunakan LCR Meter

Mengukur kapasitas elco dengan LCR meter adalah langkah yang terbaik. Dengan menggunakan LCR meter maka dapat mengetahui kapasitas yang sebenarnya pada sebuah elco. LCR meter juga memiliki keakuratan yang cukup baik untuk mengetahui nilai kapasitas elco.

Umumnya sebuah kapasitor memiliki toleransi antara 5% hingga 20%. Umumnya nilai kapasitas elco lebih rendah maksimal toleransi 20% dari label pada casingnya. Apabila menemui elco dengan kapasitas toleransi yang lebih besar dari 20% maka dipastikan elco tersebut adalah palsu.

Tes Elco

Kapasitor yang palsu umumnya memiliki voltase yang lebih rendah dari label luar karena isi didalamnya adalah elco kecil dangan kapasitas yang kecil pula. Sedangkan elco yang asli antara body dan nilai kapasitasnya adalah sama.

Untuk pengujian dan tes elco maka pasang atau beri tegangan elco dengan voltase mendekati yang tertera pada label yang tertulis di elco. Misalkan elco dengan nilai kapasitas 80 Volt maka bisa menahan voltase hingga 70 Volt. Jika diberi tegangan 50 Volt sudah meledak maka yakinlah elco tersebut palsu.

Harga Elco

Harga elco yang terlalu murah patut untuk kita curigai elco yang palsu. Dengan harga yang murah maka pemalsu bisa dengan mudah mendongkrak pasar dan cepat dapat untung. Elco yang asli tentu sebanding dengan kualitas yang didapat yang mana untuk harga biasanya agak mahal.

Nah, itulah cara memilih dan membedakan antara elco asli dan palsu. Semoga pembahasan berikut ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama, dan jangan lupa silahkan kalian share informasi ini agar sama-sama kita bisa berbagi.





Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel