Cara Pasang Galaxy ke Tone Control Amplifier Dengan Benar





Cara Pasang Galaxy ke Tone Control Amplifier Dengan Benar. Kualitas audio yang bagus pada amplifier rumahan tentu banyak didamkan oleh para pecinta audio. Untuk memenuhi kebutuhan akan audio rumahan yang kita inginkan tentu juga harus didukung dengan rangkian dan komponen yang bagus. Pada dasarnya audio amplifier rumahan tersusun dari berbagai rangkaian, yang mana meliputi rangkaian power amplifier dan tone control dan rangkaian tambahan lainnya.

Fungsi rangkaian tone control adalah sebagai pengatur nada rendah (Bass) dan nada tinggi (Treble) secara terpisah. Power amplifier memiliki peran sebagai pengeras suara yang dilanjutkan atau diumpan ke speaker dan menggerakkan membran pada speaker. Banyak dari mereka yang memiliki audio rumahan masih belum begitu puas dengan kualitas audio yang dihasilkan audio amplifiernya.

Tak sedikit dari mereka juga menambahkan beberapa rangkaian tambahan seperti rangkaian galaxy, turbo bass, parametrik, dan lain sebagainya. Sering kali mereka juga bingung bagaimana cara pasang galaxy ic, cara pasang galaxy pada tone control, cara memasang giga bass yang benar, cara memasang giga bass ke tone control, memilih kit galaxy yang bagus, dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatan kualitas audio amplifier yang kita miliki yaitu dengan menambah rangkaian tambahan. Saat ini di toko-toko elektronik banyak yang menyediakan berbagai macam rangkaian yang mampu meningkatkan dan menambah kualitas audio amplifier dan salah satunya adalah rangkaian galaxy. Dari hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan uraikan penjelasan tentang memasang rangkaian galaxy ke amplifier atau memasang galaxy ke tone control.

Cara Pasang Galaxy ke Tone Control Amplifier



Galaxy merupakan salah satu rangkaian yang dapat meningkatkan kualitas audio amplifier, sehingga nada rendah maupun nada tinggi yang dihasilkan audio amplifier akan lebih kuat. Pada umumnya rangkaian Galaxy sudah dilengkapi dengan switch loudness yang mana berfungsi untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan kinerja galaxy.

Galaxy memiliki jalur input atau jalur masuknya audio dari sumber suara atau dari rangkaian sebelumnya, dan juga memiliki jalur output yang akan masuk ke amplifier atau juga ke tone control. Galaxy sendiri adalah rangkian aktif, yang mana membutuhkan tegangan untuk dapat bekerja dengan semestinya. Biasanya rangkaian galaxy memmbutuhkan tegangan kisaran 12 Volt.

Untuk posisi galaxy pada audio amplifier bisa ditempatkan pada sebelum tone control (depan) atau juga bisa setelah tone control (tengah). Posisi galaxy tersebut bisa diaplikasikan sesuai selera masing-masing perakit audio amplifier.

Apa fungsi galaxy ?

Fungsi rangkaian galaxy adalah untuk meningkatkan nada bass dan juga nada treble. Dengan penambahan rangkaian galaxy maka suara baik itu bass dan treble akan semakin jelas dan bertambah.

Bagaimana cara memasang Galaxy ?

Untuk memasang atau menyambung rangkaian galaxy sebenarnya tidak terlalu susah, kalian bisa memasangnnya dengan menerapkan dua metode pemasangan. Kalian bisa memasang galaxy sebelum tone control atau juga sesudah tone control.

Pemasangan Galaxy sebelum tone control



Pemasangan galaxy sebelum tone control yaitu memindahkan jalur kabel RCA atau dari sumber audio amplifier ke input galaxy. Kemudian siapkan kabel untuk jalur output galaxy yang menuju ke jalur input tone control. Untuk menciptakan audio yang bersih dan mengurangi kemungkinan timbulnya dengung maka pada rangkaian supply tegangan galaxy 12 Volt maka pasang ic regulator 7812.

Penempatan galaxy sebelum tone control ini memiliki kelebihan yaitu kemungkinan timbulnya noise pada audio amplifier kecil. Sementara kelemahan dan kekurangannya kinerja dari rangkaian galaxy kurang maksimal karena galaxy yang memperkuat nada rendah dan tinggi diolah kembali oleh rangkaian tone control.

Pemasangan Galaxy setelah tone control



Penempatan galaxy setelah tone control ini posisi galaxy berada di tengah antara rangkaian amplifier dan tone control. Pemasangan jalur galaxy ini adalah dengan menghubungkan output galaxy ke input amplifier. Kemudian hubungkan input galaxy ke output tone control.

Kekurangan pemasangan galaxy setelah tone control antara lain kemungkinan terjadinya noise cukup besar, karena rangkaian galaxy langsung terhubung dengan power amplifier yang memiliki tingkat audio input yang tinggi. Sementara keunggulannya adalah rangkaian galaxy bisa bekerja secara maksimal dan memperkuat nada rendah dan tinggi hasil pengaturan tone control.

Pemasangan rangkaian galaxy pada amplifier cukuplah mudah jika kita memperhatikan jalur-jalur yang akan terhubung dan melihat skema di atas diharapkan dapat memudahkan dalam segi penyambungan galaxy.

Nah, demikian cara memasang galaxy ke amplifier. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bersama, jangan lupa silahkan kalian share informasi ini agar sama-sama kita bisa berbagi ilmu pengetahuan.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel