Skema dan Cara Membuat Box Subwoofer Mobil 12 inch Bass Mantap





Skema dan Cara Membuat Box Subwoofer Mobil 12 inch Bass Mantap. Membuat box subwoofer 12 inch yang bagus tentu haruslah dengan skema yang pas. Apalagi jika subwoofer tersebut untuk mobil maka ukuran box speaker 12 inch subwoofer untuk mobil tidak boleh sembarangan atau asal-asalan.

Jika kalian suka dengan suara bass menggelegar pada audio mobil saat berkendara, maka skema box subwoofer 12 inch double ini bisa jadi referensi untuk kalian. Dengan didukung dua buah speaker 12 inch, maka bisa menjadikan audio mobil kalian layaknya sound system berjalan dengan suara bass yang mantap dan menggelegar. Desain box subwoofer mobil ini bisa menghasilkan suara bass yang bisa terdengar cukup jauh dari mobil.

Meskipun mobil kalian butut, tetapi dengan audio sound system yang menggelegar, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri dan bisa memberi sensasi dengan dentuman bass yang mantap. Dengan demikian mobil kalian akan terasa lebih mewah dan istimewa.

Desain skema box subwoofer mobil ini hampir mirip dengan box mini scoop, namun karena ruangan mobil memiliki luas yang terbatas maka ukuran dan bentuk box disesuaikan. Dengan demikian maka dapat membuat mobil akan terkesan lebih istimewa.

Skema dan Cara Membuat Box Subwoofer Mobil 12 inch Bass Mantap



Box subwoofer mobil yang bagus akan menciptakan audio yang berkulitas. Untuk pembuatan box model ini tidaklah terlalu rumit, karena hanya menggunakan bahan dan ukuran kecil dan hanya sedikit sekat sehingga cukup mudah untuk kita membuatnya.

Langkah Membuat Box Speaker Mobil

Langkah awal merupakan desain dasar, yang mana untuk awal ukuran dan pemotongan triplek. Ukur dan potong menjadi tiga bagian, satu bagian untuk samping dan satunya lagi untuk bagian bawah seperti nampak di bawah ini.


Selanjutnya membuat ukuran sekat dalam. Alangkah baiknya untuk pola garis sekat dalam, maka gambar terlebih dahulu dengan pensil pada sisi kanan dan kiri sebagai sekat dalamnya.



Kemudian lanjut pada pembuatan sekat dalam. Untuk warna hijau adalah sekat bagian dalam, silahkan ukur dan buat sesuai lebar dan panjang seperti di bawah ini.



Pada bagian bawah juga terdapat sekat untuk penahan box. Silahkan potong bagian sekat bawah sesuai ukuran di bawah ini.


Setelah itu potong dan ukur untuk bagian sisi depan yang mana juga untuk tempat speaker subwoofer mobil. Ukur juga diameter lubang dan sesuaikan dengan speaker 12 inch yaitu 280 mm.


Terakhir ukur dan potong untuk bagian belakang atau penutupnya dan juga potong untuk bagian penutup atas dan bawah.



Sebagai finishingnya dan untuk mempercantik penampilan box subwoofer 12 inch mobil tersebut, maka lapisi dengan karpet yang halus dan lembut. Bila kalian suka warna yang atraktif, maka bisa memberikan lapisan karpet yang berbahan oscar dengan warna yang sesuai kesukaan kalian. Terakhir, lem lapisan secara merata agar merekat dengan kuat dan sempurna.

Agar hasil audio lebih jernih dan bass lebih mantap maka pada bagian dalam box lapisi dengan spon gasbul, karpet, atau gabus tipis. Gunanya untuk meredam suara dan membuat bass semakin empuk dan menggelegar jauh.

Sementara untuk mendapatkan kualitas audio yang bagus dan maksimal, maka gunakan speaker subwoofer yang bagus. Sebuah speaker subwoofer juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dan kualitas pada audio mobil kalian.

Nah, demikian cara buat box speaker subwoofer untuk mobil. Semoga bermanfaat dan silahkan share informasi ini agar sama-sama kita bisa berbagi ilmu pengetahuan.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel