Cara Menghubungkan Kabel Audio TV ke Amplifier (Speaker Aktif)





Cara menghubungkan audio tv ke speaker. Pada umumnya sebuah tv hanya dibekali sebuah amplifier mini yang terdapat di dalam rangkaian tv. Hal tersebut membuat kita tidak cukup puas dalam menyaksikan siaran-siaran tv, apalagi saat melihat konser musik di tv dengan audio yang seadanya. Terkadang kita memiliki keinginan bagaimana cara agar suara tv bisa bagus, mantap, dan menggelegar.

Nah, untuk menghasilkan suara yang bagus dan menggelegar, maka kita membutuhkan perangkat lain seperti speaker aktif atau bisa juga dengan amplifier. Apabila kita memiliki sebuah speaker aktif yang ingin dihubungkan ke tv bagaimana cara menghubungkan kabel audio tv ke speaker aktif tersebut ?

Sebenarnya untuk menghubungkan kabel audio tv ke speaker aktif cukuplah mudah untuk kita lakukan. Umumnya sebuah tv sudah dilengkapi jack rca output audio dari tv, namun tidak semua tv ada jack otuput audio nya.

Nah, jika pada tv tidak dilengkapi dengan jack output audio maka hal ini agak sedikit repot karena untuk menghubungkan tv ke amplifier maka kita harus memasang langsung kabel audio ke jalur rangkaian power yang ada pada pcb tv.

Apabila pada tv sudah dilengkapi jack output audio maka cara menghubungkan audio tv ke speaker ini bisa kita lakukan sendiri yang mana kita bisa mengubungkan kabel dari amplifier ke panel bagian belakang atau pada panel bagian depan tv.

Cara Menghubungkan Audio TV ke Amplifier


Cara Menghubungkan Kabel Audio TV ke Amplifier


Untuk mulai menyambungkan jalur input speaker aktif maupun amplifier dengan jalur output pada panel tv maka kalian bisa perhatikan skema panel tv berikut ini.

skema audio tv ke speaker

Pada tv modern mungkin telah dilengkapi banyak fitur dan juga fasilitas yang mana diantaranya USB, HDMI, dan lain sebagainya. Untuk menghubungkan tv ke speaker aktif maka jalur aux atau line input speaker aktif kita hubungkan pada jalur output audio pada tv dan untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.

cara menghubungkan tv ke speaker aktif

Selain speaker aktif, kalian juga bisa menggunakan amplifier untuk penguat audio dari tv, baik amplifier yang berdaya kecil maupun daya yang cukup besar. Untuk pemasangan jalur jalur out audio dari tv ke jalur input audio amplifier kalian bisa perhatikan gambar berikut ini.pada power amplifier tersebut seperti pada gambar berikut ini.

cara menghubungkan audio tv ke amplifier

Nah, demikian pembahasan tentang bagaimana cara menghubugkan audio tv ke speaker. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk kita bersama dan silahkan kalian share informasi ini agar sama-sama kita bisa berbagi ilmu pengetahuan.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel