Cara Modif Filter Subwoofer Agar Bass Mantap, Empuk dan Tidak Over





Cara modifikasi Filter Subwoofer. Bagi yang sering merakit sebuah amplifier tentu sudahlah tidak asing dengan rangkaian filter subwoofer, banyak dari kita para pecinta audio rumahan menambahkan atau memasang kit subwoofer ini untuk menunjang kualitas audio amplifier yang kita miliki.

Rangkaian subwoofer ini biasanya disandingkan dengan rangkaian tone control secara terpisah namun juga tersedia dalam satu kit rangkaian tone control. Untuk hasil audio tentu sama saja baik rangkaian terpisah atau yang sudah menjadi satu dalam kit tone control.

Dari rangkaian subwoofer ini memiliki jenis yang bervariasi, namun secara umum kinerja dan fungsinya adalah sama. Pemasangan kit subwoofer pada amplifier umumnya juga sama.

Berkaitan dengan hal ini kami akan berikan tips untuk kalian semua, yaitu bagaimana cara modif filter subwoofer agar bass terasa lebih empuk, mantap dan tidak over saat penambahan gain subwoofer. Bagaimana dan komponen apa saja yang di ganti maka simak pejelasannya sampai akhir.

Cara Modifikasi Rangkaian Filter Subwoofer


Cara Modif Filter Subwoofer

Dalam langkah modifikasi rangkaian subwoofer ini tentu ada beberapa komponen yang akan kita ganti dan berikut ini adalah daftar komponen yang harus kita ganti.

Daftar komponen yang dibutuhkan

  • 1 buah R 22K Ohm
  • 2 buah R 4K7 Ohm


Langkah modifikasi

Ganti resistor 10K Ohm dengan resistor 22K Ohm. Sementara untuk input dan output rangkaian filter subwoofer masing-masing pasang resistor 4K7 Ohm. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar penggatian komponen di bawah ini.

Rangkaian modifikasi filter subwoofer
Dengan penambahan resistor 4K7 Ohm pada masing-masing input maupun output maka audio yang dihasilkan akan lebih halus dan tidak over. Sementara resistor 22K Ohm untuk menunjang suara bass yang dihasilkan. Untuk lebih jelasnya simak videonya di bawah ini.



Nah, demikian pembahasan tentang cara modif rangkaian filter subwoofer. Semoga informasi berikut ini dapat bermanfaat untuk kita bersama khususnya bagi para pecinta audio, jangan lupa share informasi ini agar sama-sama kita bisa berbagi ilmu pengetahuan.




Berkomentarlah dengan bijak dan sopan serta tidak menyertakan link aktif. Komentar dengan link aktif akan kami hapus.
Cancel