Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara

DIVAIZ – Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara. Berbagai kerusakan amplifier sering kali kita jumpai dan jenis-jenis kerusakannya pun beragam. Banyak faktor penyebab kerusakan tersebut terutama kerusakan amplifier mendengung ini.

Kerusakan yang umum dan sering terjadi pada sebuah power amplifier terutama ampli rakitan adalah ampli tidak berbunyi, ampli suara ngeprek, amplifier suara ngorok, dan amplifier mati mendengung.

Untuk kerusakan amplifier rusak berdengung ini di tandai dengan tidak ada suara dan berdengung. Selain itu bila di cermati biasanya ampli akan mendengung dan daun speaker sedikit menonjol keluar. Apabila power amplifier dalam keadaan mati mendengung kemudian kita hidupkan terus maka bisa berakibat fatal dan kerusakan akan semakin parah.

Bila tidak segera dimatikan maka bisa jadi spul speaker akan terbakar dan mati bahkan yang lebih parah Trafo juga ikut terbakar atau mati akibat kerusakan power ampli mendengung ini.

Hal tersebut menunjukkan bahwa ada komponen yang rusak atau mati. Maka dari itu apabila kita akan memperbaikinya kita harus melakukan cek pada komponen-komponen terkait dan mencari dimana titik letak kerusakan tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Power Amplifier Keluar Gelombang Radio AM/MW. 

Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara.

Cara Memperbaiki Amplifier Rusak Dengung dan Tidak Ada Suara

Untuk memperbaiki kerusakan ini komponen utama yang perlu kalian cek adalah transistor final. Seperti transistor Sanken, transistor Jengkol, transistor Mosfet, dan lain sebagainya tergantung transistor final yang digunakan power amplifier tersebut.

Biasanya transistor final yang sering mengalami rusak atau mati ini adalah transistor PNP atau biasa disebut transistor minus. Apabila kalian mendapati transistor final ada yang mati maka silahkan ganti saja transistor tersebut dengan yang baru.

Selain dari transistor final kalian juga harus cek transitor yang ada pada pcb kit driver seperti transistor D313, transistor B507, TIP31, TIP32, TIP41, TIP42, dan lainnya.

Terkadang penyebab amplifier dengung ini adalah dari komponen Dioda Kiprok atau Dioda Kotak yang mana telah mengalami shot atau bahkan telah rusak.

Dalam memperbaiki kerusakan power amplifier mendengung ini tentunya tidak harus terpaku pada apa yang telah admin jelaskan di atas. Bisa jadi penyebabnya adalah dari komponen lainnya. Maka dari itu kalian kjuga harus melakukan cek secara keseluruhan untuk mencari dimana titik letak kerusakannya.

Demikian pembahasan tentang memperbaiki amplifier rusak mendengung. Semoga informasi ini bisa membantu kalian yang mungkin saat ini tengah mengalami kerusakan amplifier yang sama. Jika kalian membutuhkan informasi lebih lanjut kalian bisa tulis pada forum yang telah tersedia.

 

 

    1. Danu Wahyu

    Add Your Comment