Cara Mengatasi Power Amplifier Keluar Gelombang Radio AM/MW

DIVAIZ – Cara Mengatasi Power Amplifier Keluar Gelombang Radio AM/MW. Setelah kita selesai merakit sebuah power amplifier biasanya kita juga akan menguji dan melakukan tes pada power amplifier tersebut dan memastikan bahwa semua berjalan dengan baik dan optimal.

Pernahkah kalian mengalami masalah seperti ini, yang mana setelah kita merakit power amplifier ternyata mengalami masalah yaitu amplifier mengeluarkan suara gelombang radio AM atau juga MW. Tanda dari masalah seperti ini muncul biasa nya saat volume di Off kan atau volume Nol (0) maka keluar suara sperti ada orang siaran atau berbincang-bincang sendiri.

Suara orang berbincang-bincang ini berbunyi seperti pada gelombang radio AM/MW pada umumnya. Apabila diperhatikan maka suara tersebut tidak ada henti nya. Hal seperti ini tentu akan sangat mengganggu sekali dan kita pun akan merasa heran dari mana asal gelombang radio tersebut.

Untuk memperbaiki masalah tersebut terkadang kita juga bingung harus bagaimana padahal tidak ada rangkaian mau pun komponen yang rusak atau mati. Memang benar jika kita melakukan cek pada komponen tidak ada yang rusak.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Dengung Pada Power Amplifier Rakitan.

Cara Mengatasi Power Amplifier Keluar Gelombang Radio AM/MW.

Cara Mengatasi Power Amplifier Keluar Gelombang Radio AM/MW

 

Berkaitan dengan hal tersebut, maka kali ini admin akan memberi solusi bagaimana cara memperbaiki power amplifier keluar suara radio AM/MW. Sebenarnya untuk mengatasi masalah seperti ini cukup lah mudah sekali dan tentu kalian juga bisa menerapkannya apabila mengalami masalah yang sama.

Sumber masalah seperti ini adalah dari komponen-komponen yang ada pada rangkaian power amplifier. namun, bukan karena adanya komponen yang rusak atau mati melainkan komponen tersebut harus kita ganti walau tidak rusak dan kelihatan masih bagus.

Biasanya suara gelombang radio AM/MW ini adalah dari komponen elco terlebih pada elco di bagian input atau filter sinyal audio atau kalian cek elco bagian yang lain dari rangkaian power amplifier. Hal ini bisa terjadi mungkin saja kalian telah memakai elco bekas copotan dari rangkaian lain terutama bekas rangkaian radio baik FM/AM/MW.

Langkah yang harus kalian lakukan adalah ganti elco tersebut dengan yang baru dan jangan sekali-kali memakai elco untuk amplifier dengan elco bekas copotan dari rangkaian radio.

Kasus seperti ini merupakan hal sepele namun sering kali membuat kita bingung dalam memperbaikinya. Seperti yang sudah admin jelaskan diatas bahwa tidak ada komponen yang rusak atau mati. sehingga apabila kita cek semua dalam kondisi baik.

Demikian pengalaman tentang memperbaiki power ampli keluar siaran radio AM/MW. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan kita bersama dan terlebih lagi semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan dengan artikel terkait silahkan tulis di forum yang telah tersedia dan kita akan diskusi demi referensi bersama.

Bagikan :

Reply